Studi Analisis Penyebab Kegagalan Slat Flap System Pesawat Airbus A330


Rivky Haldiyanto, Tatun Hayatun Nufus

Abstract


Slat dan flap adalah flight control yang dapat menambah luas permukaan sayap dan camber pada sayap. Fungsi dari slat dan flap adalah meningkatkan gaya angkat pada pesawat saat takeoff, climbing, dan landing approach. Bedasarkan laporan dari pilot yang diperoleh dari Aircraft Maintenance Logbook (AML) periode 1 Januari 2019- 1 Januari 2021 pada pesawat Airbus A330. Bedasarkan pilot report, jenis kegagalan terbanyak adalah Flight Control Slat Flap System Fault. Jenis kegagalan yang terjadi adalah Slat Flap System Fault yang mengakibatkan kinerja dari slat flap tidak berfungsi secara normal bahkan tidak berfungsi. Metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis dokumen, observasi data dan konsultasi dengan ahli. Tools Analysis yang digunakan adalah diagram fishbone untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya kegagalan pada slat flap system. Mengacu pada Trouble Shooting Manual (TSM) dan Aircraft Maintenance Manual (AMM) ATA 27 terdapat tiga penyebab Slat Flap System Fault yaitu kegagalan pada Slat Flap Control Computer, Assymetri Position Pick-off Unit, Feedback Position Pick-off Unit. Oleh karena itu, tindakan perawatan yang perlu dilakukan adalah penggantian position pick-off unit(APPU dan FPPU) supaya slat flap system kembali berfungsi dengan normal .

Keywords


Slat Flap System, Flight Control, Maintenance Action

Full Text:

PDF

References


The Airbus Company, Aircraft Maintenance Manual (AMM) A330 Chapter 27 Flight Control, 2021.

The Airbus Company, Trouble Shooting Manual (TSM) A330 Chapter 27 Flight Control System, 2021.

GMF Learning Services, Basic Aircraft Maintenance Training Manual Handbook Modul 10.4, Flight Control, 2015.

GMF Learning Service, Airbus A330 Training Manual Handbook No.JCT-0030, Flight Control, 2017

PT. Garuda Indonesia (Persero), Airbus A330 Minimum Equipment List (MEL) Chapter 27 Flight Control, 2017.

PT. Garuda Indonesia (Persero), Aircraft Maintenance Log Book (AML) periode 1 Januari 2019 - 1 Januari 2021.

Yuniarto, H. A., Akbari, A. D., & Masruroh, N. A. (2013). Perbaikan Pada Fishbone Diagram Sebagai Root Cause Analysis Tool.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rivky Haldiyanto, Tatun Hayatun Nufus