Studi Kasus Penyebab APU Overspeed Shutdown pada Pesawat Boeing 737-800


Muhammad Sajid Rabbani, Tatun Hayatun Nufus

Abstract


Auxiliary Power Unit (APU) adalah sebuah gas turbine engine kecil yang memiliki single shaft dan beroperasi pada kecepatan yang konstan. Kegunaannya yaitu sebagai salah satu power source dalam hal kelistrikan pada pesawat dan memberikan putaran pada engine saat fase engine starting dengan menyuplai pneumatic. Berdasarkan pilot report, ditemukan masalah pada APU yaitu APU protective shutdown dengan indikasi pada cockpit menunjukkan APU Overspeed Shutdown, yang dapat mengganggu kecepatan konstan APU. Oleh karena itu, dilakukan studi kasus untuk mengetahui penyebab dan cara penanganan APU Overspeed Shutdown. Metode yang digunakan adalah observasi dan konsultasi. Data diolah menggunakan diagram fishbone untuk mengetahui penyebab APU Overspeed Shutdown. Berdasarkan hasil analisis, terjadinya APU Overspeed Shutdown disebabkan oleh kegagalan sistem Electronic Control Unit. Hal ini mengakibatkan mengakibatkan protective shutdown yaitu APU Overspeed Shutdown dimana putaran APU melebihi 106%. Oleh karena itu dilakukan pergantian komponen electronic control unit yang terletak pada cargo compartment (bagian sisi kanan) didekat pintu kargo bagian belakang. Setelah itu, dilakukan operational test untuk memastikan bahwa masalah telah teratasi dan APU bekerja dengan normal.

Keywords


APU, APU Overspeed Shutdown, fishbone, electronic control unit.

Full Text:

PDF

References


Aircraft Maintenance Manual B737-800 Chapter 49 Auxiliary Power Unit, Boeing Manufacture, America, (2016)

Training Manual Book B737-800 Chapter 49 Auxiliary Power Unit, GMF Aero Asia, Tangerang, (2016)

Fault Isolation Manual B737-800 Chapter 49 Auxiliary Power Unit, Boeing Manufacture, (2015)

Component Maintenance Manual 49-61-15 CCC-Large Controller, rev 2020.

Basic Training Manual Book Maintenance Management, GMF Aero Asia, (2016)

Basic Training Manual Book Gas Turbine Engine, GMF Aero Asia, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Sajid Rabbani