Perbaikan Rancangan Simulator Hoist untuk Pengujian Drum PT. Genta Buana Tripadu


Muhammad Rabil Farhan Inaku, Seto Tjahyono, Muhammad Hidayat Tullah

Abstract


Dalam satu unit hoist crane terdapat banyak komponen-komponen penyusunnya. Komponen tersebut masing-masing memiliki lifetime yang berbeda-beda sehingga untuk mengukur lifetime tersebut dibutuhkan alat uji berupa simulator hoist. Simulator hoist bertujuan untuk mengukur lifetime masing-masing komponen yang akan diuji namun, belum terpasang drum pada simulator hoist sehingga simulator hoist tidak bisa melakukan pengujian lifetime pada komponen drum yang ada pada perusahaan. Agar simulator hoist bisa melakukan pengujian lifetime drum maka perlu dilakukan improvement yang meliputi pengumpulan data yang diperlukan, melakukan pengukuran langsung di lapangan, merancang lay out, melakukan re-design terhadap simulator hoist dan menganalisa rancangan konstruksi penambahan drum. Perhitungan rancangan mulai dari lay out didapatkan bahwa penambahan drum pada simulator hoist bisa dipasang namun, karena fleet angle drum ke pulley harus sebesar 2º sehingga membutuhkan perpanjangan simulator hoist kurang lebih 3 meter. Analisa dari segi konstruksi drum seperti sambungan baut, sambungan baut pada bearing, dan sambungan lasan bisa dipastikan aman karena pemilihan baut dan elektroda lasan yang bisa menahan besaran tegangan yang dialami konstruksi drum.

Keywords


Lifetime; Simulator Hoist; Fleet Angle; Penambahan Drum

Full Text:

PDF

References


PT. Genta Buana Tripadu. 1998. Rules For The Design Of Hoisting Appliances 1998 Edition. European Materials Handling Federation (FEM).

Pramono, P.D.D.A.E. 2019. Buku Ajar Elemen Mesin I 2019 Edition. Depok: Politeknik Negeri Jakarta.

FAG Kugelfischer Georg Schäfer KgaA. 1989. Rolling Bearings Standar Proggramme Catalogue WL 41 510/2 EA 1989 Edition. FAG Kugelfischer Georg Schäfer KgaA Rolling Bearings Divisions.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Rabil Farhan Inaku, Seto Tjahyono, Muhammad Hidayat Tullah