ANALISA PENYEBAB LANGKAH PISTON HIDROLIK TIDAK STABIL PADA POMPA PLUNGER KERAMIK HIDROLIK TYPE YB-140


Ilham Hidayat, R.Sugeng Mulyono, Devi Handaya

Abstract


Piston hidrolik merupakan salah satu komponen yang terdapat pada Pompa Plunger Keramik Hidrolik Type YB-140, berfungsi sebagai penggerak alumina plunger yang mendorong slyp dari pipa input menuju pipa output, tenaga penggerak diperoleh dari aliran fluida yang bekerja didalam silinder hidrolik, Pompa Plunger Keramik Hidrolik Type YB-140 merupakan salah satu penunjang utama dalam proses produksi yang mengalirkan slyp dari bagian tanki penyimpanan ke bagian penyaringan, Langkah piston tidak stabil pada pompa akan membuat aliran slyp yang dipindahkan kebagian penyaringan terhambat dan akan menggangu kegiatan produksi, saat melakukan kegiatan inspeksi didapati Langkah piston pada pompa hidrolik memiliki prilaku gerak yang tidak wajar. Saat dilakukan kegiatan overhaul didapati bahwa komponen Pompa Plunger Keramik Hidrolik Type YB-140 banyak mengalami kecacatan dan keausan. Setelah diketahui kerusakan yang terjadi pada komponen Pompa Plunger Keramik Hidrolik Type YB-140 yang mempengaruhi gerak Langkah piston hidrolik, dilakukanlah root cause analysis (RCA) terhadap kerusakan pada pompa plunger keramik hidrolik type YB-140 menggunakan metode fishbone diagram, guna menulusuri penyebab timbulnya kecacatan dan keausan pada komponen Pompa Plunger Keramik Hidrolik Type YB-140 yang menyebabkan Langkah piston hidrolik tidak stabil serta pencarian solusinya. Dari hasil RCA diketahui bahwa kecacatan dan keausan komponen yang menyebabkan Langkah piston tidak stabil disebabkan oleh beban kerja mesin yang tinggi dan lingkungan kerja yang kotor. Sehingga didapatkan solusi untuk mencegah masalah yang sama terulang kembali dan meningkatkan umur pakai komponen pompa hidrolik

Keywords


Piston Hidrolik; Alumina Plunger; Slyp; Root Cause Analysis; Fishbone Diagram.

Full Text:

PDF

References


AFIF, N. (2019). IDENTIFIKASI MENURUNNYA TEKANAN OLI PADA POMPA HIDROLIK TERHADAP SISTEM KERJA HATCH COVER DI MV. SRI WANDARI INDAH (Doctoral dissertation, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG).

Parker, D. B. (1994). Positive displacement pumps-performance and application. In Proceedings of the 11th International Pump Users Symposium. Turbomachinery Laboratories, Department of Mechanical Engineering, Texas A&M University.

Mancò, S., & Nervegna, N. (1989). Simulation of an external gear pump and experimental verification. In Proceedings of the JFPS International Symposium on Fluid Power (Vol. 1989, No. 1, pp. 147-160). The Japan Fluid Power System Society.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ilham Hidayat, R.Sugeng Mulyono, M.Kom., Devi Handaya, M.T.