Analisa Keandalan Cylinder Head Mesin PLTDG Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Di PT. XYZ


Andi Ulfiana, Cecep Slamet Abadi, Syukur Iswanto

Abstract


Cylinder head merupakan bagian penting dari internal combustion engine yang berfungsi sebagai penutup cylinder liner dan menjadi struktur penopang katup buang, katup masuk, injector, dan beberapa komponen lain. Temperatur tunggi dan tekanan mekanis menyebabkan thermo-mechanial fatigue dan akan mengurangi umur dari cylinder head. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai keandalan Cylinder head dan menganalisa penyebab kerusakan ada cylinder head. Analisa kuantitatif dan kualitatif menggunakan metode Reliaility Centerend Maintenance (RCM). Analisa kuantitatif digunakan untuk menghitung nilai laju kegagalan atau failure rate pada cylinder head, nilai Mean Time to Failure (MTTF), dan nilai keandalan atau reliability. Analisa kualitatif menggunakan metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA). Pada analisa kuantitatif didapatkan laju kegagalan atau failure rate cylinder head sebesar 8.85747830 x 10-5 kegagalan/jam dan nilai MTTF sebesar 11.289,89 jam serta nilai keandalan atau reliability tertinggi pada 1000 jam operasi sebesar 91% dan terendah pada 72000 jam operasi sebesar 0,001%. Semakin lama jam operasi, semakin kecil nilai keandalan cylinder head. Berdasarkan analisa kualitatif, diperlukan tindakan pemeliharaan cylinder head yaitu pemeriksaan kebocoran air setiap 1000 jam operasi, inspeksi NDT Test setiap major overhaul untuk mendekteksi keretakan serta pengecekan HT cooler untuk mencegah kebocoran tekanan pembakaran.

Full Text:

PDF

References


A. K. Samlawi. Motor Bakar (Teori Dasar Motor Diesel), Banjarbaru : Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat , 2018.

Nagrik, K.S.;Rajpurohit, M.S.;Merchant, N.M.;Pachpore S.S. Design analysis and comparing for a different cylinder head of C.I. Engine. International Journal Of Advance Research, Ideas and Innovation In Technology 3,1008 (2017)

Ashouri Hojjat. Thermo-Mechanical Analysis of a Coated Cylinder Head. Journal of Simulation & Analysis of Novel Technologies in Mechanical Engineering, 35 (2017)

Ashouri Hojjat. Thermo-mechanical analysis of diesel engines cylinder heads using a two-layer viscoelasticity model with considering viscosity effects. International Journal of Automotive Engineering 5, 1025 (2015)

Ashouri H.;Beheshti B.; Ebrahimzadeh M.R. ANALYSIS OF FATIGUE CRACKS OF CYLINDER HEADS IN DIESEL ENGINER. JOURNAL OF THEORETICAL AND APPLIED MECHANICS 2, 370 (2016)

Pan Sining.; Zeng Fanzheng.;Su Nanguang.;Xian Zhaokun. The effect of niobium addition on the microstructure and properties of cast iron used in cylinder head. Journal of Material Research and Technology, 10 (2019)

Witwit A.R.; Yasin A.; Abas M.A.; Gitano H. Modern Methods in Engine Knock Signal Detection. Procedia Technology 11, 41 (2013)

F.W. Rahardito, Implementasi Reliability Centered Maintenance (RCM) Pada Sistem Flash Gas Compression Gas Kriogenik. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2016

R.B. Puspita Sari, Perancangan Sistem Pemeliharaan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) (Studi Kasus : PLTU Paiton Unit 3). Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017

Mufarikhah Nurlaily, Pribadi T.W, Soejitno, Studi Implementasi RCM Untuk Peningkatan Produktivitas Dok Apung (Studi Kasus: PT. Dok dan Perkapalan Surabaya). Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2016

Piyanieta. MTBF, MTTR, DAN MTTF INDIKATOR PENTING UNTUK MAINTENANCE.. http://amtiss.com/mtbf-mttr-dan-mttf-indikator-penting-untuk-maintenance (28 Juli. 2020)

Marpaung K.F, Bakhhtiar A, Analisis Kebijakan Maintenance Untuk Mengetahui Biaya Yang Paling Optimal Pada Mesin Multipacking System 023 (Studi Kasus pada PT. MAYORA INDAH, Tbk Divisi Biskuir Jayanti). Industrial Engineering Online Journal 7, 4 (2019)

Nasution Suryanto, Razali, Analisa Kegagalan Cylinder Head Mesin Diesel Komatsu Dengan Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) Di Megapower PLTD Bengkalis. Bengkalis : Politeknik Negeri Bengkalis, 2019

Dahl Thomas, Knock Sensor Failure Behaviour on Wärtsilä Gas Engine. Vaasa : Novia University of Applied Sciences, 2015

Suratman. Analisis Penyebab Terjadinya Knocking pada Mesin Diesel Generator di MT. Anggraini Excelent. Semarang : Politeknik Ilmu Pelayaran, 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Teknik Mesin