Rancang Bangun Kontroler Pembangkit Listrik Hybrid Angin Dan Surya Berbasis Arduino


Agus Sukandi, Emir Ridwan, Dewi Andini, Harrid Naufal Gifari, Irmawati Irawan, Muhamad Fikri Iriansyah

Abstract


Pembangkit listrik tenaga angin dan surya merupakan energi terbarukan yang potensinya cukup besar di Indonesia. Kedua pembangkit tersebut digabungkan menjadi pembangkit hybrid yang energinya disimpan ke dalam baterai. Untuk menyimpan energi tersebut dibutuhkan sebuah kontroler yang dapat menyesuaikan tegangan input menjadi level tegangan pengisian baterai karena tegangan yang dihasilkan berfluktuatif, bergantung pada kecepatan angin dan intensitas cahaya matahari. Penulis membuat rancang bangun kontroler berbasis microcontroller dengan tujuan agar energi dapat disimpan ke dalam baterai, mengetahui efisiensi kontroler, serta pengaruh tegangan input terhadap arus pengisian baterai. Rancang bangun ini menggunakan buck-boost converter sebagai regulator yang outputnya dapat disesuaikan dengan tegangan aki serta Arduino Uno yang berfungsi sebagai pengendali dan monitoring data sensor. Pengujian kontroler menggunakan aki 12 V 7,2 AH dengan tegangan pengisian sebesar 13,8 V. Pengujian pembangkit hybrid menggunakan panel surya 10 WP dan supply sebagai pengganti dari generator DC turbin angin dengan pengaturan tegangan sebesar 1,6-15 V. Berdasarkan hasil pengujian, tegangan input pembangkit hybrid tidak mempengaruhi arus pengisian yang mengalir ke dalam aki rata-rata sebesar 0,38 A dan efisiensi kontroler sebesar 73%.

Full Text:

PDF

References


EBTKE, H. Berikut Strategi Pemerintah Dalam Pengembangan EBT, Menuju Kemandirian Energi Nasional. 2019 [cited 18 April 2020]; Available from: http://ebtke.esdm.go.id/post/2019/10/17/2369/berikut.strategi.pemerintah.dalam.pengembangan.ebt.menuju.kemandirian.energi.nasional.

Kartika, C.C., Rancang Bangun Sistem Kontrol Pembangkit Listrik Hibrida Generator Ac-Sel Surya dan Pengisian Baterai Skala Kecil Menggunakan Arduino Mega 2560 2017.

Solution, P.S.J.S.E. Komponen Utama Solar Panel System. [cited 12 Maret 2020]; Available from: http://www.sj-ses.com/solar-panel-system-part/.

Djuandi, F., Pengenalan Arduino. 2011.

Sapiie, S. and O. Nishino, Pengukuran dan Alat-Alat Ukur Listrik. 6 ed. 2000, Jakarta: PT Pradnya Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Teknik Mesin