Analisis Kinerja Konversi Kendaraan Konvensional Ke Listrik


Fuad Zainuri, Danardono A.S, M. Adhitya, Sonki Prasetya, Widiyatmoko Widiyatmoko, Adi Syuriadi, Abdul Aziz Abdillah, S. Maryono, Imam Wahyudi

Abstract


Penelitian ini memaparkan tentang konversi kendaraan konvensional berbahan bakar bensin ke listrik. Penggantian dilakukan dengan melepas Engine penggerak dan menggantikannya dengan motor penggerak. Peletakkan komponen berpengaruh terhadap center of grafity dimana seluruh bobot mobil terpusat dalam satu titik temu atau titik berat mobil. Dari hasil pengukuran dan perhitungan didapatkan nilai dari perubahan berat kendaraan konvensional ke kendaraan listrik cukup signifikan berkisar 300 kg, hal ini didominasi akibat penambahan komponen motor di depan dan baterai sebesar total 300 kg. Penambahan berat mengakibatkan perubahan yang signifikan terkait dengan perubahan center of grafity karena nilainya mengalami perubahan dari 38.94 % (depan ke belakang) menjadi 54.50% dan berada di tengah mobil karena semakin rendah, semakin tengah, semakin bagus. Begitu juga perubahan 50,34% menjadi 50,95% (dari kiri ke kanan ) sehingga semakin rendah titik berat mobil, efeknya akan sangat terasa ketika bermanuver. Mobil dengan titik berat yang rendah akan lebih stabil dan minim gejala limbung, sehingga terasa lebih mudah dikendalikan. Perpindahan berat saat berbelok dan mengerem juga makin minim dan mudah dibaca, sehingga mobil sangat mudah dikendalikan oleh pengendaranya. Kajian dan uji coba ini juga bertujuan untuk mengetahui pola konsumsi daya pada kendaraan konversi listrik dan kehandalan sistem kerjanya. Dengan demikian didapatkan data untuk kajian lebih lanjut terkait cara pengisian ulang baterai dan penyempurnaan sistem kerja kendaraan konversi.

Full Text:

PDF

References


Zhu X, Zhang H, Cao D and Fang Z 2015 Robust control of integrated motor-transmission powertrain system over controller area network for automotive applications Mech. Syst. Signal Process. 58 15–28

Mi C C, Buja G, Choi S Y and Rim C T 2016 Modern Advances in Wireless Power Transfer Systems for Roadway Powered Electric Vehicles IEEE Trans. Ind. Electron. 63 6533–45

Shin J, Shin S, Kim Y, Ahn S, Lee S, Jung G, Jeon S-J and Cho D H 2014 Design and Implementation of Shaped Magnetic Resonance Based Wireless Power Transfer System for Roadway-Powered Moving Electric Vehicles IEEE Trans. Ind. Electron. 61 1179–92

R Siregar, F Zainuri, M Adhitya 2017 Design a New Generation of Synchromesh Mechanism to Optimization Manual Transmission’s Electric Vehicle"Proceeding of the 15th International Conference on QIR (Quality in Research).

Tulus, 2013. Kinerja Mesin Kendaraan konversiSatu Silinder BahanBakar Premium Dan Modifikasi Rasio Kompresi. Departemen Teknik Mesin. Universitas Sumatra utara. Medan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Teknik Mesin