Modeling dan Simulasi Transient Thermal pada Rem Cakram Sepeda Motor


Agus Sukandi, Keni Anggi Prayoga, Kurniadi Rasyid

Abstract


Rem suatu piranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda yang berputar. Gerak roda diperlambat otomatis gerak kendaraan menjadi lambat. Kondisi ini sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan yang fatal. Panas lebih sering terjadi pada rem jenis cakram karena permukaan pemindah panasnya kurang proporsional, pada beban pengeraman yang tinggi. Panas rem cakram memiliki efek pengereman yang besar, tetapi luas bidang pemindahan panasnya relatif kecil, Pendekatan eksperimental telah digunakan untuk mengukur frekuensi rem. Dimana dalam analisa memasukkan laju aliran temperature 110 °C, convention 50 w/m2 °C, heat flow 80 w, heat flux 90 w/m2 pada disc brake modifikiasi sedangkan disc brake standard mendapatkan aliran temperature 100°C dengan heat flux 8,4649 x 105 w/m2 dan di dapatkan Q1 dengan nilai 117.15 w dengan kecepatan 50 km/jam sedangkan Q2 dengan nilai 138.61 w dengan kecepatan 70 km/jam menggunakan perhitungan analitik, serta analisa ini diharapkan dapat menjadi masukan yang baik untuk struktur disc brake yang sudah dibuat maupun yang akan dikembangkan baik dalam proses pembuatan maupun pemilihan material.

Full Text:

PDF

References


Alazhar, R. P., S, D. D., & B, E. P. pengaruh geometri penampang kampas rem cakram terhadap getaran dan indikasi squel yang muncul saat pengereman pada Molina. Universitas Negri Sriwijaya, Palembang, 2016.

Arif, Fathoni. Simulasi Perubahan Temperatur dan Tegangan Termal pada Rem Cakram. Tugas Akhir. 2003. Universitas Indonesia.

Astibiani. Analisis dan Simulasi Pendinginan pada Disk Brake (Piringan Rem) dengan Menggunakan Aplikasi CFD.: Tugas Akhir. 2007 Universitas Indonesia.

Dadang, H.. Gaya Tekan Pad Rem Terhadap Disk Rotor Pada Kendaraan Mini Buggy. Tugas Akhir. 2016. Institut Teknologi Indonesia.

Dewanto, Andreas. Sistem Pendingin Paksa Anti Panas Lebih (Over Heating) Pada Rem Cakram (Disk Brake) Kendaraan. Surabaya: Universitas Kristen Petra. 2010

Frandi Barasa1, Muftil Badri2, Y. Kaji Pembuatan Kamvas Rem Sepeda Motor Bahan Komposite Dengan Filler Palm Slag., Surabaya. Universitas Kristen Petra. vo1(2), 2014. 1–10.

Gnanesh P. Finite Element Analysis Of Normal And Vented Disc Brake Rotor. School of Mechanical Engineering RGM College of Engg. & Technology; 2014 India.

Perdanansyah, R. S., & Tuapetel, J. V. Simulasi Perubahan Temperatur Pada Rem Cakram Dengan Menggunakan Software Ansys 14 . 0 Steady-State Thermal ( Simulation of Temperature Changes in Disc Brakes Using Ansys 14 . 0 Steady-State Thermal Software ). Tugas Akhir. 2017. Institut Teknologi Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Teknik Mesin