Pembuatan dan Penggunaan Emergency Tools Saat Terjadi Kerusakan Akibat Overcharging pada Alternator 12 dan 24 Volt


Abdul Halik, Muhammad Taufik, Hidayat, Hidayat,, Mangkona Mangkona

Abstract


Terkadang kerusakan yang biasa terjadi pada unit alat berat adalah terjadinya overcharging yang meyebabkan hilangnya waktu kerja. Olehnya itu dibuatlah alat Emergency Tool untuk mengatur tegangan dan arus yang keluar dari alternator menuju battery agar tegangan dan arus nya dapat di kontrol dan tidak ada lagi terjadinya pengisian berlebih untuk alternator ini sehingga dapat meminimalisir waktu perbaikan, mengurangi hilangnya waktu produksi. Alat ini digunakan pada saat terjadinya kerusakan pada alternator yang mengisi tegangan dan arus berlebih ke battery. Ketika kerusakan terjadi maka tegangan dan arus yang keluar dari alternator sudah tidak lagi disensing oleh IC Regulator yang berada pada alternator, dimana tegangan dan arus nya yang masuk ke dalam battery memiliki tegangan dan arus yang tinggi dan tidak ada lagi pemberhentian pengisian pada saat battery sudah dalam keadaan penuh.. Dari hasil penggujian yang telah dilakukan sebanyak tiga kali yang masing-masing pada Unit 305.E2 Excavator mini, wheel loader 914 G dan Power supply dengan sistem 12 Volts dan 24 volts didapatkan bahwa alat emergency tools dapat berfungsi baik, mampu meng cut in dan meng cut off tegangan pada saat pengisian. Baik pada saat low idle tanpa beban, low idle dengan beban, high idle tanpa beban dan high idle dengan beban maupun pengujian dengan menggunakan power supply.

Full Text:

PDF

References


Hidayat, H., et al., Designing of Electronic Breaker For Heavy Equipment Rental Company. International Journal of Engineering Technology Research & Management. Vol 03 (Issue 12): p. 74-77. 2019

Faizin, K.N.J.J., Pengaruh Variasi Diameter Pulley Alternator dan Daya Motor Terhadap Arus dan Kecepatan Proses Pengisian Baterai 12 Volt. Journal of Electrical Electronic Control and Automotive Engineering (JEECAE) 1(1). 2016.

Farizy, A.F., Dimas Anton Asfani, Soedibjo, Desain Sistem Monitoring State Of Charge Baterai Pada Charging Station Mobil Listrik Berbasis Fuzzy Logic Dengan Mempertimbangkan Temperature. Jurnal Teknik ITS,. Vol 5, No. 2. 2016

Ainuddin, A., S. Manjang, and F.A.J.J.P.E. Samman, Sistem Pengendali Pengisian Baterai pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Jurnal JPE,. 21(2): p. 16-24. 2017

Neethashree, N., B. Yogesha, and G.P. Kumar, Automation Of Alternator Test Bench To Ensure Accurate Testing Using Plc And Hmi. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 2013. Vol. 2 Issue 7, July - 2013(Issue 7): p. 2755-2759.

Tharani, E., et al., Alternator Performance Testing Using PLC and SCADA International Journal of Inovative Research in Electrical, Electronics, Instrumentation and Control Engineering, 2016. Vol. 4, Issue 5, May 2016(Issue 5): p. 344-347.

Caterpillar, A.P.L., Student Guide ; Charging and Starting System., Tullamarine Victoria Australia: Caterpillar. 2003

Training Centre Department, P.T Trakindo Utama., Fundamental of electric. Cileungsi, 2008.

Anonim (tth)., Sistem Kelistrikan dan elektronika pada kendaraan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah kejuruan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Teknik Mesin