Rancang Bangun Indexing Fixture pada Perakitan Hub Drum dan Drum Brake Rear Axle Truck


Chairunnisa Tri Kurniasih, Muslimin Muslimin

Abstract


Indexing Fixture adalah alat bantu proses assembly Hub Drum dan Drum Brake. Hub Drum dan Drum Brake merupakan sub-assembly Rear Axle untuk kendaraan roda empat. Assembly Hub Drum dan Drum Brake menggunakan enam buah mur yang dikencangkan dengan alat QL yang dioperasikan dua operator. Existing proses perakitan tersebut, masih terdapat banyak proses yang tidak memiliki nilai tambah (waste) seperti proses pengencangan (pemberian torque) Hub Drum dan Drum Brake dilakukan satu persatu dengan waktu 140 detik per unit. Improvement fixture assembly Hub Drum dan Drum Brake diperlukan untuk mengurangi waste, sehingga produktivitasnya meningkat. Metode yang digunakan dalam rancang bangun indexing fixture ini adalah pendekatan lean manufacturing. Dalam metode tersebut, Analisis PDCA (plan-do-check-action) digunakan untuk menemukan solusi dari masalah yang ada. Indexing fixture yang dirancang bangun memiliki dimensi 600 mm x 600 mm x 880 mm dan dioperasikan oleh satu operator. Hasil ujicoba menunjukan indexing fixture ini mampu menurunkan waktu assembly Drum Brake dan Hub Drum menjadi 102 detik, atau berkurang 38 detik dari proses sebelumnya.

Full Text:

PDF

References


S. Mishra, P. S. P. Komble, A. Yadav, and S. Wankhede, “Design and Analysis of an An Indexing Fixtures,” Int. Res. J. Eng. Technol., vol. 5, no. 7, 2018.

Hally Nur Aflah, “Pengurangan Waste Dengan Pendekatan Lean Manufacturing untuk Memperbaiki Lead Time,” vol. 01, no. 2006, pp. 7–8, 2018.

S. Sundana and Hartono, “Penerapan Konsep Kaizen dalam Upaya Menurunkan Cacat Appearance Unit Xenia-Avanza Proses Painting di PT. Astra Daihatsu Motor.,” Semin. Nas. Sains dan Teknol., 2014.

K. Panchal, A. Patel, J. Prajapati, T. Soni, and B. Plate, “Automatic Indexing Fixture System,” Int. Res. J. Eng. Technol., vol. 3, no. 10, pp. 862–866, 2016.

N. P. Maniar, A. B. Andhare, and C. M. Patel, “Design of 28 Operations , 4 Axis – 360 o Indexing Milling Fixture for CNC,” vol. 1, no. 5, pp. 129–131, 2009.

A. Vashist and R. C. Sharma, “PRODUCTIVITY IMPROVEMENT BY FIXTURE MODIFICATION,” IJREAS, no. January, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Teknik Mesin