Analisis Konsumsi Bahan Bakar Terhadap Performa di Unit 2 PLTU X


Handri Tirta Lianda, Tatun Hayatun Nufus, Paulus Sukusno

Abstract


Pembangkit listrik tenaga uap X unit 2 memiliki daya terpasang 315 MW, berbahan bakar batubara. PLTU dirancang dengan komposisi dan nilai kalori yang sudah ditentukan sesuai dengan spesifikasi desain boiler nilai kalori 4440,45 kcal/kg. Namun memiliki permasalahan pada beban yang sama tetapi nilai kalori yang berbeda didapatkan pada lima pemasok batubara yang berbeda jumlah pemakain bahan bahan bakar sama, seharusnya dengan nilai kalori yang lebih tinggi jumlah penggunaan bahan bakar bisa berkurang. Pengamatan dilapangan nilai kalori dapat ditingkatkan dengan melakukan pencampuran batubara 50% medium rank coal (MRC) dan 50% low rank coal (LRC) kelima pemasok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsumsi bahan bakar terhadap performa pembangkit meliputi konsumsi bahan bakar spesifik, heatrate, efisiensi termal dan sisi ekonomis keuntungan penghematan biaya bahan bakar hasil coal blending. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus yang membandingkan nilai kalori aktual dengan nilai kalori hasil pencampuran batubara pada beban yang bervariasi. Hasil perhitungan HHV untuk desain boiler sebesar 4440,45 kcal/kg, keempat sampel yang dihitung hasil yang paling mendekati desain boiler adalah nilai kalori sampel A dengan nilai kalori 4377 kcal/kg coal blending antara PT.PLN BB MRC – PT.AI dengan nilai sfc sebesar 0,556 kg/kWh menghasilkan heatrate 2435,21 kcal/kWh dan efisiensi tertinggi 35,36 % pada beban 290 MW mendapatkan keuntungan 3.11 milliar rupiah penghematan biaya bahan bakar.

Full Text:

PDF

References


A. R. H. Amiral Aziz, "Evaluasi HeatRate dan Efisiensi suatu PLTU dengan Menggunakan Batubara Berbeda dari Spesifikasi Design," BPPT, vol. 3, 2015.

B. Winardi, "ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP," SEMINAR NASIONAL ELECTRICAL, INFORMATICS, AND IT'S EDUCATIONS, 2009.

O. T, "Sources, system and frontier conversion," Energy technology, (2012). P. U. L. negara, "Standar Operasi Pusat Listrik Tenaga Uap " in Faktor-faktor Pengusahaan vol. SPLN 80, ed. Jakarta,1980.

Nusyirwan, Optimasi Efisiensi. Jakarta, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin