Analisis Eksergi Pada Boiler & Turbin Uap Pembangkit Listrik Tenaga Uap Subcritical 315 MW


Feriyanto Mandila Pallea, Belyamin Belyamin, Paulus Sukusno

Abstract


Makalah ini bertujuan untuk menentukan ireversibilitas dan efisiensi eksergi pada boiler dan turbin uap pembangkit listrik tenaga uap Rembang. Analisis eksergi merupakan alat untuk melengkapi analisis energi sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih mengenai desain, evaluasi, dan penentua kondisi kerja komponen pada pembangkit serta menunjukkan kerugian akibat ireversibilitas yang terjadi. Hasil analisis eksergi pada boiler adalah ireversibilitas yang terjadi saat commissioning dan bulan Maret 2019 secara berurutan adalah 434,41 MW dan 562,87 MW. Sedangkan untuk turbin uap saat commissioning dan Maret 2019 adalah 20 MW dan 44,93 MW.

Full Text:

PDF

References


Y. M. S. Riyan Phanama & Muhammad Ivanto, Analisis Eksergi Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Di PT. Indonesia Power Unit Jasa Pembangkitan Sanggau, Jurnal Teknik Mesin Mahasiswa UNTAN ,vol. 1 (2018)

M. E. Muhammad Fauzi Zakaria, Analisis Energi dan Eksergi Turbin Uap Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap Unit 2 Tanjung Awar-Awar, Jurnal Teknik Mesin Mahasiswa UNESA, vol. 6 (2018)

Y. A. Cengel, Thermodynamics: An Engineering Approach. McGraw-Hill, New York (2006)

G. T. Adrian Bejan & Michael Moran, Ed., Thermal Design & Optimization. John Wiley & Sons, New York (1995)

M.M.El-Wakil, Instalasi Pembangkit Daya. Penerbit Erlangga, Jakarta (1992)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin