Identifikasi Kemunculan Scaling pada Sistem SeaWater Reverse Osmosis (SWRO)


Iqmal Hibatullah, Adi Syuriadi, Fachruddin Fachruddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemunculan scaling pada membran SeaWater Reverse Osmosis (SWRO). Munculnya scaling ini dapat menghambat proses produksi air tawar sehingga air tawar yang dihasilkan akan menurun dan menganggu proses produksi uap pada unit. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan selama 24 jam pengoperasian dengan tekanan operasi 2,5 dan 1,8 bar pada sistem seawater reverse osmosis (SWRO) dan dilakukan pada cuaca kering dan hujan dengan indikator yang dibaca berupa tekanan air umpan, tekanan air buang (concentrate), flow air umpan dan permeat, dan nilai total dissolved solid (TDS). Penelitian ini juga menghitung nilai modified fouling index (MFI) untuk menjelaskan dan memprediksi tingkat scaling pada membran. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai MFI menurun sebanding dengan flux yang mengalami penurunan juga selama 24 jam operasi. Penurunan yang signifikan terjadi pada tekanan 1,8 bar dengan kondisi hari tanpa hujan sebesar 5,1 %. Hal ini terjadi karena polarisasi garam yang terus menerus pada membran sehingga terbentuk scaling. Proses scaling menyebabkan produksi air pada sistem membran ini menjadi menurun karena garam – garam yang menempel pada pori-pori membran.

Full Text:

PDF

References


D. Ariyanty, “STUDI METODE AUTOFLUSH : PENGENDALIAN SCALING PADA MEMBRAN REVERSE OSMOSIS SKALA RUMAH TANGGA,” Semarang, (2009).

S. G. S. Rodriguez, G. L. Amy, J. C. Schippers dan D. M. Kennedy, “The Modified Fouling Index Ultrafiltration constant flux for assesing particulate/colloidal fouling of RO System,” Desalination, pp. 79-91, (2015).

S. Alimah dan S. Ariyanto, “Strategi Kontrol Fouling Pada Desalinasi Reverse Osmosis,” vol. 6, pp. 67-74, (2012).

E. Drioli, F. Macedonio dan A. Criscuoli, Membrane Based Desalination: An Intergrated Approch, Chennai: IWA Publishing, (2011).

DOW, “DOW FILMTEC™ SW30HRLE–440i Element,” DOW, China, (2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin