Analisis Kegagalan Combustion Chamber Aeroderivative Gas Turbine Dengan Metode FMEA Dan RCFA


Prima Nurfarhan Widyhutomo, Deby Mardiansyah, Emir Ridwan

Abstract


Permasalahan saat ini pada pembangkit PT. X adalah terjadinya kegagalan proses pembakaran pada operasi combustion chamber atau ruang bakar turbin gas aeroderivative. Kegagalan proses pembakaran menyebabkan operasi turbin gas yang terganggu sehingga menurunkan waktu operasi turbin gas dan meningkatnya waktu pemeliharaan turbin gas. Penelitian ini bertujuan menganalisa kegagalan pada ruang bakar turbin gas aeroderivatif PT.X dengan pendekatan analisis FMEA dan RCFA . Kuesioner analisis FMEA disusun berdasarkan identifikasi komponen yang berpengaruh terhadap kegagalan ruang bakar turbin gas aeroderivatif oleh karyawan PT.X. Setelah kuesioner disusun, kuesioner diberikan kepada responden yang berjumlah 11 orang, dipilih berdasarkan faktor keterkaitan dan serta pemahaman terhadap masalah yang diteliti. Hasil kuesioner menunjukan penilaian terhadap indikator utama, yang terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu nilai severity (kerusakan kegagalan), occurrence (frekuensi terjadi) dan detection (deteksi kegagalan). Kemudian diimplementasikan dalam perhitungan RPN (Risk Priority Number), untuk mendapatkan komponen yang memiliki tingkatan kegagalan tertinggi dari segi severity, occurrence dan detection. Nilai RPN tertinggi kemudian dianalisa dengan pendekatan RCFA (root cause failure analysis) yang terbagi ke dalam lima faktor , yaitu faktor manusia, , faktor material, faktor lingkungan, faktor metode operasi dan faktor peralatan (machine). Hasilnya adalah berdasarkan data FMEA diperoleh kerusakan fuel nozzle dengan kerusakan coating loss dengan nilai RPN 294 . Berdasarkan analisa RCFA hal ini disebabkan oleh nilai suhu aktual dan kelembaban aktual melebihi standar serta Hasil reaksi melebihi batas titik lebur base material fuel nozzle.Tingginya suhu yang berlebih akan menyebabkan overheating dan thermal fatigue pada fuel nozzle.

Full Text:

PDF

References


G. Electric, "GE Aeroderivative Gas Turbines - Design and Operating Features," ed, 2013.

R. Snee, "Failure Modes and Effects Analysis," Research Gate, 2016.

D. L. Ransom, "A Practical Guideline for A Successful Root Cause Failure Analysis," Turbomachinery Symphosium, pp. 151-156, 2007.

Taufiq, “Perbandingan Suhu Ring Stainless Steel dan Suhu Ring Keramik pada Fenomena Flame Lift-Up”. Universitas Indonesia,Depok, 2008.

M. Hizbullah, "Kajian Sistem Pendinginan Udara Masuk Turbin Gas Untuk Menaikkan Daya Output Turbin Gas Pltg Gilimanuk Yang Beroperasi Pada Waktu Beban Puncak". Universitas Indonesia,Depok , 2014.

Rahman, "Thermodynamic Performance Analysis of Gas-Turbine Power-Plant," International Journal of the Physical Sciences, vol. 6, pp. 3539-3550, Universiti Malaysia Pahang, Malaysia, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin