Perancangan Simulasi Pengoperasian Turbin Uap sebagai Media Pembelajaran Operasi PLTU berbasis LabVIEW


Walid Maulana Habibie, Cecep Slamet Abadi, Andi Ulfiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memvisualisasikan proses pengoperasian turbin uap berserta gangguannya. Penelitian ini juga diharapkan mampu membantu mahasiswa dan operator dalam memahami pengoperasian turbin uap berserta gangguan yang biasa terjadi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah implementasi logika pengoperasian turbin uap kedalam bahasa pemograman LabVIEW, serta memasukkan beberapa gangguan yang biasa terjadi pada saat pengoperasian turbin uap seperti overspeed dan kegagalan sistem pelumas. Rancangan ini berupa perangkat lunak yang hanya menampilkan mekanisme urutan pengoperasian turbin uap dengan metode Cold-Start . Parameter yang tercantum pada simulasi ini hanya sebagian kecil dari parameter pada tampilan DCS sebenarnya dan hanya bersifat statis (tidak dapat diubah sesuai kondisi). Hasil perhitungan pada simulator ini memiliki margin error < 1,76%.

Full Text:

PDF

References


T. Tanuma, “Introduction to steam turbine for power plants,” dalam Advances in Steam Turbines for Modern Power Plants, Elsevier Ltd, 2017, pp. 3-9.

Y. M. Fauzi, C. S. Abadi dan A. Ulfiana, “Simulasi Pembakaran pada Boiler Supercritical sebagai Media Pembelajaran Operasi PLTU,” Seminar Nasional Teknik Mesin, 2018.

American Society of Mechanical Engineering.New York Paten PTC 6, 2004.

R. Kinsky, Heat Engineering : An Introduction to Thermidynamics, Australia: McGraw-Hill Book Company, 1989.

A. Pudjanarsa dan D. Nursuhud, Mesin Konversi Energi, Yogyakarta: Andi, 2008.

American society Of Mechanical Engineering.New York Paten PTC 4.1, 1965.

S. S. Shiyam dan E. System, “Simulation of Generator Unit in Thermal Power Plant Using Labview,” IOSR Journal of Electrical and Electronics Engineering (IOSR-JEEE), vol. 5, no. 3, pp. 18-20, 2013.

B. Hemalatha, A. Juliet dan N. Natarajan, “Boiler Level Control Using LabVIEW,” International Journal of Computer Applications, vol. I, no. 17, pp. 85-88, 2010.

PT. Indonesia Power UJP Banten 1 Suralaya, “Instruksi Kerja Pengoperasian Cold Start,” Instruksi Kerja, pp. 2-7, 29 Mei 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin