Rancang Bangun Prototipe Case Powerbank dengan Solarcell sebagai Media Konversi Energi Panas ke Energi Listrik


Hawa Rizka, Priya Esa Gotama, Maykel Manawan, Agus Sukandi

Abstract


Smartphone yang merupakan salah satu contoh kemajuan teknologi di abad ini, yang membuktikkan bahwa kebutuhan manusia semakin tinggi dan menjadi kebutuhan vital, bisa digunakan diperjalanan dengan baterai yang telah diisi dengan pengisi daya sebelumnya. Kinerja baterai smartphone yang terbatas menyebabkan turunnya effisiensi daya baterai sehingga dapat membuat smartphone lebih cepat tereksploitasi baterainya dan membutuhkan pengisi daya yang dapat dibawa kemanapun. Dengan memanfaatkan energi matahari, inovasi powerbank akan membuat pengisian smartphone menjadi lebih mudah dan efisien secara tempat dan waktu. Inovasi yang diperlukan yaitu penambahan solarcell bagi penangkapan sinar matahari lalu dikonversi menjadi energi listrik dan superkapasitor untuk mempercepat pengisian daya bagi smartphone. Metode yang akan digunakan yaitu deskriptif dan eksperimen, yaitu dengan mengadakan survei bagi masyarakat terutama bagi pekerja lapangan seperti driver ojek online sebagai batasan masalah untuk penelitian guna keperluan produk yang dibuat lalu kami akan membuat produk sesuai kebutuhan konsumen dengan hasil yang diinginkan ialah pengisian daya baterai menjadi lebih mudah dan efisien secara waktu dan tempat

Full Text:

PDF

References


Setiamanah, A. Strategi Marketing Berbasis Karakteristik Pengguna Smartphone. http://www.frontier.co.id/strategi-marketing-berbasis-karakteristikpenggunasmartphone.html/ (akses 21 April 2016)

Firdaus, Muhammad Fadhil. Kajian Potensi Energi Surya Di Indonesia. https://icare-indonesia.org/kajian-potensi-energi-surya-di-indonesia-2/ (akses 10 Juli 2019)

Manan, Saiful. Energi Matahari, Sumber Energi Alternatif Yang Effisien, Handal Dan Ramah Lingkungan Di Indonesia, Semarang. (2006)

Bertoni Et Al. Wearable Flexible Solar Cell Charger. Nj Governor’s School Of Engineering And Technology. (2007)

Buntulayuk, Herman. Jurnal JPE, Vol.21, No.02, Bulan November, Tahun 2017: Rancangan DC-DC Converter untuk Penguatan Tegangan. Universitas Hasanudin (2017)

Ali, Mohammad et al. Experiment Report of Advanced Power Electronics APE 02 Buck Converter. Otto von Guericke University Magdeburg (2014)

Wang, G. X., Manganese Oxide/MWNTs Composite Electrodes For Supercapacitor (Solid state ionics vol 176, 2004)

Wijaya, Debby Herianto et al. Jurnal Fisika Unand Vol. 5, No. 1, Januari 2016: Karakterisasi Fasa dan Kapasitansi Elektroda Kayu Karet yang Dielektrodeposisi Menggunakan CuSO4 untuk Aplikasi Elektroda Superkapasitor. Universitas Andalas (2016)

Suyana. 2010. Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jawa Barat: Universitas Pendidikan Indonesia (2010)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin