Optimalisasi Bag Filter untuk Bag Cleanliness 66F-BN1 & 66G-BN1 di Area Pack House


Arina Khusna, Syupriadi Nasution, Andi Heri Prasetyo Heri Prasetyo

Abstract


Bag cleanliness merupakan equipment yang berfungsi sebagai pembersih kantung semen setelah keluar dari packer machine yang terdiri dari blower, dedusting hood, dan bag filter sebagai pengolah debu. Terbebasnya kantung produk semen dari debu merupakan citra yang baik bagi PT. Solusi Bangun Indonesia serta indikasi kesehatan dan keselamatan kerja yang baik khususnya kebersihan udara di area sekitar packer machine. Berdasar data inspeksi kinerja bag cleanliness pada tahun 2018 menunjukkan turunnya tingkat kebersihan kantung produk semen dan kondisi berdebu di area packer machine, khususnya pada 66F-BN1. Hal ini mengindikasikan turunnya performa dari bag cleanliness, sehingga perlu dilakukan pengoptimalisasian. Metodologi yang diterapkan yaitu: Identifikasi masalah, tujuan, manfaat, pengumpulan data, pengolahan & analisa data, persetujuan, langkah perbaikan, pengujian, dan kesimpulan. Dalam penelitian ini dihasilkan bahwa secara visual kondisi berdebu menurun baik di kantung maupun di area kerja, sedangkan secara matematis flow total yang digunakan 3.532 m3/h atau tidak melebihi kapasitas bag filter yaitu sebesar 4000 m3/h.

Full Text:

PDF

References


CIP, Lafarge Holcim. 2016. Reference Guide for PPE_Edition. Cilacap : PT.Holcim Indonesia,Tbk. Process Engineering Department assets.

B.Cecala, Andrew. 2012. Dust Control Handbook for Industrial Minerals Mining and Processing , Pittsburgh : Department of Health And Human Services

Engineering ToolBox, 2003. Altitude above Sea Level and Air Pressure

PT.CAT, 2018. Dust collector Profile, Cilacap : PT.Holcim Indonesia,Tbk

Setiawan, Hengki. 2015. Makalah Equipment Maintenance, Narogong : PT.Holcim Indonesia,Tbk

Irfansyah, 2018. Rancang Bangun Dedusting Duct dan Hood di Cooler NAR1, Tugas Akhir. Tidak Diterbitkan.Depok : Politeknik Negeri Jakarta.

Dyanddini, G.O. 2018. Modifikasi Purging Pipe untuk Meningkatkan Performa 432-BF1. Tugas Akhir. Depok : Politeknik Negeri Jakarta

Hermawati, M.Y. 2012. Uji Viskositas Fluida Menggunakan Transducer Ultrasonik Sebagai Fungsi Temperatur dan Akuisisinya pada Komputer Menggunakan USB. Skripsi. Fakultas MIPA UNILA : Lampung.

Holcim Group. 2005. Fabric Dust Collector System. Transport and Dust Collecting Manual. Holcim Group Support Ltd


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin