Analisa Reliability Flexible Hose pada Sistem Green Hydraulic Leak A330


Fakhriza Aziz Pratama, Sunarto Sunarto, Indriyani Rebet, Abas Abas

Abstract


Sistem hidrolik termasuk secondary power salah satunya digunakan untuk memberikan tenaga pengereman ketika pesawat di darat. Performa pengereman akan menurun jika terjadi kebocoran pada sistem hidraulik. kegagalan sistem hidrolik dapat menyebabkan pesawat hilang kendali mengharuskan pesawat return to base untuk menghindari hal yang diluar dugaan. Sebuah kasus yaitu kebocoran flexible hose atau connertor tube yang terjadi pada pesawat AIRBUS A330. Dampaknya pada pesawat adalah pesawat memerlukan landasan yang lebih panjang untuk mendarat dan berpotensi untuk terjadinya overshoot. Kebocoran ini diketahui dengan indikasi low green hydraulic pressure pada ECAM (Electronic Centralized Aircraft Monitor) hydraulic panel di cockpit dan dilakukan pemeriksaan visual oleh mekanik di lapangan. Penelitian ini membahas penyebab utama kebocoran flexible hose dengan metode root cause failure analysis (RCFA). Hasil RCFA menunjukan kebocoran pada flexible hose disebabkan oleh damage pada inner tube berupa hole karena ketidakcocokan antara braid (pembungkus) dan inner tube saat pengoperasian high temperature dan solusi kebocoran flexible hose yaitu dilakukan Analisa Reliability komponen untuk membuat jadwal perawatan yang baru sehingga dapat mencegah kejadian ini terjadi kembali.

Full Text:

PDF

References


Abernethy, D. R. The New Weibull Handbook. North Palm Beach: Robert B. Abernethy. 2015.

AIRBUS, A330 Training Manual ATA 29 Hydraulic Power, 2018.

GMF Aeroasia learning service, Module 10 Aircraft System. 2015.

R. K. Mobley, Root Cause Failure Analysis. Butterworth,Heinemann (1943)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin