Studi Kasus Kerusakan Bleed Air Regulator Pada pesawat Boeing 737 NG


Yopal Erning Rahmayudha, Sunato Sunarto, Abas abas

Abstract


Bleed Air Regulator adalah Sebuah komponen pada bleed air system yang berfungsi sebagai pengoperasi atau penggerak (membuka atau menutup) valve yang berada di PRSOV. Bleed air regulator juga berfungsi sebagai kontrol terhadap temperature dari engine kompresor apabila temperature dari engine kompresor melebihi dari 450F (232oC). Bleed air regulator dibuat untuk mencegah terjadinya over pressure dan over temperature pada bleed air system dengan memanfaatkan tekanan hasil kompresi udara dari high stage engine compressor bagian ke 5 dan 9 (engine CFM56) untuk pembukaan valve. Lokasi bleed air regulator berada di belakang posisi dari engine (dibelakang dari fan frame). Kerusakan pada bleed air regulator yang sering terjadi adalah low pressure dan penyebab kerusakan yang sering terjadi dikarenakan oleh kerusakan diapragma yang ada didalam bagian komponen tersebut.

Full Text:

PDF

References


GMF AeroAsia, Basic Aircraft Maintenance Training Manual – Module 10.2 Pneumatic, Jakarta: PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia, Jakarta, 2015.

Boeing Co, Aircraft Maintenance Manual B737-600/700/800/900 – Chapter 36 : Pneumatic, Jakarta: PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia, Jakarta, 2016.

GMF AeroAsia, Basic Aircraft Maintenance Training Manual – Module 10.2 Pneumatic Power, Jakarta: PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia, Jakarta, 2018.

Honeywell international inc, Component Maintenance Manual- Bleed air regulator P/N 107492, Jakarta: PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia, Jakarta, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin