Studi Kasus Penyebab Terjadinya Penyumbatan Pada Filter Integrated Drive Generator (IDG)


Muhammad Raihan, Benhur Nainggolan, Slamet Hariyadi

Abstract


Integrated Drive Generator ( IDG ) merupakan salah satu komponen yang sangat kompleks dan memiliki peranan penting di pesawat. IDG memiliki fungsi sebagai penghasil listrik utama saat terbang. IDG terdiri dari constant speed drive (CSD) dan generator. CSD berfungsi mengubah putaran engine yang bervariasi menjadi konstan 24.000 rpm. Putaran konstan tersebut digunakan untuk memutar generator agar menghasilkan listrik sebesar 115 VAC dan 400 hertz. Pada pesawat Boeing 737 NG terdapat permasalahan IDG yaitu pada komponen Differential Pressure Indicator (DPI) yang mengalami pop-out. Hal ini terjadi karena penyumbatan pada filter yang disebabkan oleh partikel-partikel yang terbawa aliran oli dan masuk kedalam filter yang membuat filter tersumbat. Tujuan penulisan ini merupakan untuk menganalisa penyebab yang membuat filter tersumbat dengan metode deskriptif. Dapat disimpulkan, partikel yang menyebabkan filter tersumbat berasal dari komponen yang rusak didalam CSD yaitu pump and motor assembly. Kerusakan yang terjadi diantaranya adalah variable wobbler scratched, fixed wobbler worn out, dan deformed seal. Kerusakan tersebut menghasilkan metal partikel yang dapat menyebabkan filter tersumbat. Selain itu, terdapat metal deactivating agent pada oli yang berinteraksi dengan bronze cylinder block menghasilkan copper chelate yang dapat menumpuk pada filter dan menyebabkan filter tersumbat. Untuk perbaikan pada pump and motor assembly merupakan workscope pekerjaan workshop electrical, tetapi terdapat solusi untuk menanggulangi apabila terjadi pop out pada differential pressure indicator (DPI) berdasarkan Aircraft Maintenance Manual (AMM) yaitu dengan mengganti filter, pin ditekan masuk, dan mencoret DPI decal reset.

Full Text:

PDF

References


UTC Aerospace System, Repair & Overhaul training course Boeing 737NG Integrated Drive Generator, 2015.

GMF AeroAsia, Basic Aircraft Maintenance Training Manual – Module 10.6 Electrical Power, Jakarta, GMF learning services, 2017.

Boeing Co, Aircraft Maintenance Manual B737-600/700/800/900 – Chapter 24 : Electrical Power, Boeing Co, U.S. 2016.

GMF AeroAsia, Basic Aircraft Maintenance Training Manual – Module 10.1 Hydraulic Power, Jakarta, GMF learning services, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin