Analisis Kegagalan Fuel Control Unit Pada APU Honeywell GTCP 131-9A


Aditya ‘Arif Bima Suci, Dian Saputra, Rudi Gunawan

Abstract


Permasalahan pada Auxillary Power Unit (APU) 131-9A adalah terjadinya kegagalan pada Fuel Control Unit (FCU). Kegagalan FCU yang terjadi diketahui melalui indikasi kebocoran berupa keluarnya fuel pada salah satu bagian FCU. Kebocoran tersebut menyebabkan tidak optimalnya kinerja dari APU.Tujuan dilakukan analisis ini adalah untuk mengetahui penyebab kebocoran pada FCU, dengan cara melakukan pengujian terhadap FCU dan dilakukan analisis dengan metode fault tree analysis. Setelah dilakukan pengujian dan analisis ,didapatkan penyebab kebocoran pada FCU disebabkan dari rusaknya plain encased seal. Dengan mengikuti referensi dari Component Maintenance Manual, harus dilakukan pergantian pada plain encased seal tersebut dengan plain encased seal yang baru. Selain itu dilakukan penggantian pada packing untuk mencegah terjadi kebocoran yang disebabkan dari rusaknya packing. Karena FCU bersifat on condition, maka harus dilakukan inspeksi setiap hari atau daily inspection pada bagian APU Compartement untuk melihat apakah terjadi kebocoran pada FCU atau tidak.

Full Text:

PDF

References


GMF AeroAsia, Academy, Aircraft Airbus A320 Training Manual Chapter 49 : Auxilary Power Unit, Jakarta:PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia, Jakarta, 2017.

Honeywell, International Inc., Component Maintenance Manual Homeywell Fuel Control Unit Chapter 49 : Auxilary Power Unit , Jakarta: PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia, Jakarta, 1997.

GMF AeroAsia, Academy, Training handbook Module 21 : Maintenance Management Jakarta:PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia, Jakarta, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin