Analisis Kerusakan Sistem Nose Cowl Anti Icing di Pesawat dan Troubleshootnya
Abstract
Analisis ini bertujuan untuk mengetahui inti kerusakan dari masalah yang sering timbul pada kurun waktu 2 tahun di Pesawat Boeing 737-800 dalam system Anti Icing yang berlokasi di Nose Cowl Engine. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan data-data terkait dengan kerusakan seperti bagaimana pilot memberikan keluhan system anti ice yang bermasalah ketika pesawat sedang terbang, dan bagaimana menentukan troubleshoot yang benar sesuai dengan masalah yang terjadi. Lalu melakukan wawancara dengan karyawan yang bekerja dilapangan langsung untuk menemukan masalah apa yang sering terjadi ketika bekerja. Sehingga mendapatkan kesimpulan berupa hasil yang sesuai dengan tujuan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan jika ada salah satu komponen dari system anti icing yang menjadi masalah utama yaitu komponen Nose cowl thermal Anti ice Valve di bagian Guideset Poppet yang sering mengecil karena fatique, sifat dari komponen yang terus menerus dipakai akan membuat daya tahan komponen menurun, sehingga diberikan solusi agar masalah tersebut bisa dikurangi seperti menjadwalkan pergantian o-ring dan poppet yang baru agar usia part tersebut bisa bertahan lebih lama dan tidak cepat rusak, dan menyempurnakan limit yang mana mengambil titik tengah dari batas atas dan batas bawah sebuah kepresisian dalam memperbaiki Guideset Poppet.
Full Text:
PDFReferences
Icing, Anti Ice dan De ice, www.ilmuterbang.com (akses 19 Mei 2019)
Basic Aircraft Maintenance Training Manual Handbook, GMF AeroAsia
Fault Isolation Manual Inlet Cowl Anti-Icing System. Boeing 737-800
Aircraft Maintenance Manual. Boeing 737-800
https://rotate.aero/forum/ata30-icerain-giv/271-ata-30-22-nose-cowl-anti-ice
https://www.aircraftsystemstech.com/2017/06/types-of-aircraft-fuel-valves.html
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin