Analisis Manajemen Maintenance pada Mesin Press Hitachi Zosen 2000 Ton di PT. X dengan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE)


Zaelan Muhammad Ardhali, Dianta Mustofa Kamald

Abstract


PT. X merupakan perusahaan manufaktur otomotif yang bergerak dibidang pembuatan frame chassis dan pressed part. Manajemen perawatan kurang optimal seringkali terjadi Breakdown selama 1652 menit pada bulan maret 2019, dan tingkat efektivitas peralatan keseluruhan sebesar 80,61%, penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai OEE dan menentukan losses yang mempengaruhi efektivitas pada mesin press Hitachi Zosen 2000 Ton di PT. X. Hasil perhitungan losses yang terjadi dilakukan dengan metode analisis Six Big Losses sebagai dasar saran perbaikan dengan pendekatan 8 pilar TPM untuk meningkatkan efektivitas maintenance dan mesin produksi. Nilai OEE periode 3 bulan berada di bawah nilai 85%, standar JIPM (Japan Institute of Plant Maintenance). Nilai rata-rata OEE periode 3 bulan mesin press Hitachi Zosen 2000 Ton adalah 84,38%. Hasil analisis six big losses menunjukkan besar losses yang mempengaruhi rendahnya nilai OEE mesin press Hitachi Zosen 2000 Ton adalah reduced speed losses, set up and adjustment losses, idle and minor stoppage, dan breakdown losses. Losses terbesar adalah set up and adjustment losses, set up and adjustment losses merupakan kerugian dari Availability yang menyebabkan rendahnya nilai OEE.

Full Text:

PDF

References


Ida N dan Yoko S. Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) pada Mesin Packing untuk Meningkatkan Nilai Availability Mesin. Jurnal Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta (2014)

Triwardani, et al. Analisis Overall Equipment Effectiveness (OEE) Dalam Meminimalisi Six Big Losses Pada Mesin Produksi DUAL FILTERS DD07 (Studi kasus : PT. Filtrona Indonesia, Surabaya, Jawa Timur). Jurnal Jurusan Teknik Industri Universitas Brawijaya (2013)

Habib and Supriyanto. Pengukuran Nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE) Sebagai Pedoman Perbaikan Efektivitas Mesin CNC Cutting. Jurnal Teknik POMITS (2012)

Betrianis and Suhendra. Pengukuran Nilai Overall Equipment Effectiveness Sebagai Dasar Usaha Perbaikan Proses Manufaktur Pada Lini Produksi (Studi Kasus pada Stamping Production Division Sebuah Industri Otomotif). Jurnal Teknik Industri (2004)

N. Ansori dan M. Imron Mustajib. Sistem Perawatan Terpadu. Graha Ilmu, Yogyakarta (2013)

Hermanto. Pengukuran Nilai Overall Equipment Effectiveness pada Divisi Painting di PT. AIM. Jurnal Teknik Industri Universitas Indraprasta PGRI Jakarta (2016)

S. Nakajima. “Introduction to Total Productive Maintenance”. Productivity Press, Portland (1988)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin