Analisa Kegagalan dan Preventive Maintenance Duplex Head Milling & Centering PT. IGP


Asep Apriana, Fransiscus J. Lumbantobing

Abstract


Dalam pengoperasian suatu mesin yang memiliki waktu pemakaian hingga 20 jam/hari dengan masa pemakaian 5,5 hari. Dengan periode operasi kerja tersebut pasti mesin akan mengalami kegagalan pada beberapa komponennya. Kegagalan pada komponen ini seharusnya dapat diantisipasi dengan jadwal perawatan preventive dan pergantian komponen yang aus sehingga pada saat produksi tidak terjadi line stop. Mesin duplex head milling & centering adalah salah satu mesin yang digunakan untuk memproduksi Axle Shaft. Mesin ini mengalami masalah – masalah yang menyebabkan line stop dalam periode 6 bulan. Untuk meminimalisasi masalah – masalah tersebut dapat dilakukan studi analisa kegagalan mesin yang menyebabkan line stop. Analisa kegagalan ini akan menemukan factor yang menyebabkan line stop paling banyak dan penyebabnya. Dan untuk menanggulanginya dibutuhkan improvement tidakan preventive maintenance untuk mesin ini

Full Text:

PDF

References


Manual Book Duplex Head Milling Facing & Centering, Gifu Seisakusho CO, LTD, Japan

Mario COCCIA,The Fishbone diagram to identify, systematize and analyze the sources of general purpose technologies, kspjournals.org, (akses 24 Juli 2019)

Nimisha Menon, Krishnananda Kamath K, A. R. Shabaraya, Conducting root cause analysis and its implementation: A perspective,ejournal.manipal.edu,(akses 24 Juli 2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin