Perencanaan Preventive Maintenance Routine Spot Cooler Pada Plastic Injection Molding Di PT. X


Muhammad Al Farobi, Muslimin Muslimin

Abstract


Spot Cooler atau AC Portable adalah salah satu mesin bantu di area Plastic Injection di PT. X yang berfungsi untuk pendinginan part sebelum proses penempelan label. Pendinginan digunakan untuk mencegah terjadinya gelembung (bubble) pada label sehingga terjadi kegagalan proses penempelan. Permasalahan yang terjadi adalah tingginya waktu downtime untuk perbaikan Spot Cooler yaitu sebesar 345 menit. Oleh karena itu perawatan pereventif khususnya komponen kritis dibutuhkan untuk mengantisipasi terjadinya down time tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini adalah perhitungan interval waktu penggantian dan interval waktu pemeriksaan untuk pembuatan jadwal pemeliharaan dengan metode Age Replacement. Metode diagram Pareto (Pareto chart) digunakan untuk menentukan komponen komponen kritis. Perhitungan Mean Time To Failure (MTTF) dan Mean Time To Repair (MTTR) berdasarkan distribusi probabilitas digunakan untuk memperoleh interval waktu penggantian dan pemeriksaan tiap komponen kritis. Berdasarkan analisis, kondensor merupakan komponen terkritis pada Spot Cooler dengan nilai MTTF sebesar 109.0599 jam dan nilai MTTR 0.2223 jam. Sedangkan, interval penggantian yaitu sebesar 2600 jam dan nilai interval pemeriksaan sebesar 684 jam.

Full Text:

PDF

References


Jaka, P, Yosua, A. P, Moch, K. (2015). Metode Age Replacement Digunakan Untuk Menentukan Interval Waktu Perawatan Mesin Pada Armada Bus, (thesis, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 2015). Retrived from http://jurnal.itats.ac.id/wp-content/uploads/2015/11/14.-JakaPurnama_Itats_EDITED.pdf

Walpole, Ronald E. Pengantar Statistika. Jakarta, Indonesia: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1995

Taufik & Selly, S. Penentuan Interval Waktu Perawatan Komponen Kritis Pada Mesin Turbin Di PT. PLN (Persero) Sektor Pembangkit Ombilin. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 14(2), 238-258, (2015)

https://www.techopedia.com/definition/2118/spot-cooling

http://www.projectsmart.co.uk/pareto-anaysis-step-by-step.php. Haughey, Duncan. Pareto Analysis Step by Step. 2014.

Arsip dokumentasi PT. X


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin