Perbaikan Kerusakan Chamber Metering Valve pada Sistem Greasing Pembuatan Rolling Bearing di PT. X


Shabilla Karimah Palamvia, Seto Tjahyono

Abstract


Ada beberapa proses produksi hingga tercapainya produk bearing dengan kualitas terbaik. Dimulai dengan proses heat treatment (perlakuan panas), grinding (pengalusan) pada surface bearing (permukaan), honing untuk membuat bearing lebih presisi, dan terakhir ialah proses assembly dan greasing. Pada proses greasing sendiri banyak komponen yang digunakan, tetapi komponen utamanya adalah chamber metering valve merk Dopag yang digunakan untuk mengatur kadar grease yang diperlukan untuk tiap bearing. Grease yang disalurkan ini berasal dari tanki utama grease yang kemudian dipompa dengan pompa hidrolik, lalu dialirkan menuju ke chamber metering valve. Metering valve inilah yang akan menyalurkan grease ke bearing yang telah diatur takarannya sesuai standar grease filling. Namun, seringkali terjadi jumlah grease yang dikeluarkan untuk tiap bearing tidak sesuai dengan standar. Hal tersebut disebabkan oleh kebocoran pada sistem perapatnya, sehingga grease yang seharusnya teralirkan ke bearing berkurang. Kurangnya jumlah pemberian grease pada bearing ini akan memengaruhi lifetime bearing, dan juga menyebabkan pemberian grease dilakukan secara manual oleh operator yang akan memakan waktu cukup banyak, akibatnya downtime mesin menjadi tinggi dan menurunnya output pada channel tersebut. Maka dari itu, dilakukanlah analisa kerusakan pada chamber metering valve guna menelusuri penyebab kebocoran yang terjadi serta pencarian solusinya. Dari hasil Root Cause Analysis (RCA) dengan metode Fishbone Diagram (diagram tulang ikan), perlunya mengganti material seal yang ada dengan material yang sesuai dengan standar. nalisa kerusakan dilakukan untuk mencari jenis material yang disesuikan dengan kebutuhan pemakaian dan kondisi lingkungan. Dengan penggantian pemilihan material yang sesuai standar, diharapkan kebocoran pada chamber metering valve dapat teratasi.

Full Text:

PDF

References


https://www.dopag.com/products/metering-components-pumps/metering-valves/chamber-metering-valves/

https://catalog.monroeseals.com/category/viton-o-rings

HP Bloch, FK Geitne. 1997. Practical Machinery Management for Process Plants: Volume 2: Machinery Failure Analysis and Troubleshooting. Elsevier : Amsterdam

Mobley, R. Keith. 1999. Root Cause Failure Analysis. Butterworth-Heinemann : Britania Raya.

Andersen, Bjorn., and Tom Fagerhaug. Root Cause Analysis: Simplified Tools and Techniques. Amerika. American Society for Quality, Quality Press. 2006.

DuPont Viton catalogue book

KOYO catalogue book

EagleBurgmann mechanical seal technology and selection catalogue book


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin