Studi Kasus Penyebab Kompresor DSP-37VAR5II Shutdown Tanpa Muncul Kode Eror di PT.X


Wredhani Caesaria, Muhammad Zakinura

Abstract


Studi kasus ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kegagalan kompresor jenis DSP-37VAR5II yang shutdown tanpa muncul kode eror di PT.X dengan bantuan dari PT.Y agar dapat menentukan tindakan perbaikan yang tepat sehingga kompresor dapat beroperasi kembali demi menunjang proses produksi yang terganggu dikarenakan perusahaan tidak memiliki unit back up. Kompresor DSP-37VAR5II memiliki sensor untuk mendeteksi adanya perubahan yang terjadi pada kompresor dan mengonversikannya sehingga dapat terbaca pada rangkaian elektronik. Namun pada kasus ini, kode eror shutdown tidak muncul pada layar kompresor. Analisis dilakukan di PT.X untuk observasi lapangan dan pengambilan data, dan di PT.Y untuk studi pustaka. Metodologi yang digunakan adalah root cause analysis menggunakan fishbone diagram sehingga didapatkan akar permasalahan yang tepat sebagai acuan untuk menentukan tindakan perbaikan kompresor tersebut. Berdasarkan analisis, terdapat 5 faktor yang mungkin menjadi penyebab kompresor shutdown tanpa muncul kode eror yaitu, kerusakan sensor, terjadinya autostop, kerusakan LCD, kerusakan reverse phase relay dan kerusakan aksesoris pendukung. Kemudian faktor-faktor tersebut diakarkan kembali dan dilakukan eliminasi sehingga didapatkan penyebabnya adalah kerusakan pada kabel dari aksesoris pendukung, yaitu remote control. Kabel bernomor 28 untuk mematikan sistem tersebut putus, sehingga kompresor menerima perintah untuk mati dan menyebabkan kode eror shutdown tidak terbaca pada layar kompresor. Perbaikan yang dilakukan adalah melepaskan kabel nomor 26,27,28 agar kompresor dapat segera beroperasi seperti permintaan PT.X, dan jika remote ingin dipasang kembali, ganti kabel yang putus atau gunakan remote control sesuai rekomendasi.

Full Text:

PDF

References


I. Hanlon, Paul C. Compressors—Handbooks, manuals, etc. TJ990.C623 2001.

Sularso,Ir,M.S. M.E. 2004. Pompa dan Kompresor. Cetakan Ketujuh. PT PradnyaParamita. Jakarta.

Hitachi Industrial Equipment Systems Co.,Ltd. Instruction Manual DSP-37VAR5II. Printed In Japan. 2013.

Ferry. Alamsah Edition 1. Basic Product Training. May 2003

Handayani, Sri Utami ST. MT. Bahan Ajar Pompa dan Kompresor. Universitas Diponegoro, Semarang. 2010

A. Kovacevic N. Stosic I. Smith. Screw Compressors Three Dimensional Computational Fluid Dynamics and Solid Fluid Interaction. Springer-Verlag Berlin Heidelberg. 2007.

R. Keith Mobley. Maintenance Fundamentals 2nd Edition. Elsevier Inc. 2004,

Bein, T. W. and Hamilton, J. F., "Computer Modelinq of an Oil Flooded Single Screw Air Compressor". International Compressor Engineering Conference. Paper 383. 1982

Hitachi Asia. Dasar Kompresor. Hitachi Air Compressor Service Training Course. Printed in PT. Citra Airindo Abadi. 2012.

Life Cyrcle Engineering. Maintenance Plans, Engineered Maintenance Strategies, Failure Analysis & Root Cause Analysis, session 7. 2008.

Mallikarjun Koripadu, K. Venkata Subbaiah. Problem Solving Management Using Six Sigma Tools & Techniques. International Journal of Scientific & Technology Research Volume 3, Issue 2. February 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin