Rancang Bangun Karakuri Mixing dan Material Handling pada Proses Pembuatan Cetakan Inti Water Jacket


Dhora Dewi, Agus Edy Pramono

Abstract


Rancang bangun karakuri mixing dan material handling ini bertujuan untuk membuat alat bantu produksi karakuri mixing dan material handling pada proses pembuatan cetakan inti water jacket. Terdapat beberapa aktivitas yang dianggap tidak memiliki nilai tambah (muda) pada proses tersebut yaitu muda mengaduk manual yang memakan waktu 5[detik], muda membawa material sebesar 5 [kg] dan muda jalan sejauh 3[m] yang memakan waktu 6 [detik]. Muda tersebut dapat mengurangi produktivitas, sehingga diperlukan rancang bangun karakuri mixing dan material handling pada proses pembuatan cetakan inti water jacket untuk meningkatkan produktivitas. Metode yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD) untuk menentukan kebutuhan konsumen dan mengubahnya menjadi spesifikasi produk. Alat berdimensi 1860 x 1870 x 600 [mm], alat mampu mengaduk larutan coating reotec dengan massa jenis sebesar 30 [boume] dan mampu menampung serta mentransfer tray yang berisi cetakan inti water jacket sebanyak 5 buah yang setara 30 [kg].

Full Text:

PDF

References


Ashok B, "Implementation of Karakuri Kaizen in Material Handling Unit," in SAE International Technical Paper, India (2015)

Flex lean manfacturing catalogue ver 1.1. (2019)

Hiroshi Katayama, “Analysis and Classification of Karakuri Technologies for Reinforcement of Their Visibility, Improvement and Transferability: An Attempt for Enhancing Lean Management”, Proceedings of PICMET '14: Infrastructure and Service Integration Tokyo, Japan, 2014

Khurmi, R. S., A Textbook of Engineering Mechanics 20th edition. S. Chand & Company Ltd. New Delhi (2005)

Lean manufacturing Automation Robotics Intelegence System L.A.R.I.S Catalogue (2019)

N. Rudenko. Mesin Pengangkat. Erlangga. Jakarta (1964)

Smithells, Colin J. and Al. Metals Reference Book. London Butterworths Scientific Publication (1949)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin