Desain Mekanisme Penggerak Compression Molding untuk Biokomposit


Ruben Daniel, Muslimin Muslimin

Abstract


Compression molding atau yang lebih dikenal sebagai thermoforming adalah teknik pembuatan produk dari bahan plastik jenis thermoset ataupun komposit dengan mengkombinasikan pemanasan dan penekanan dalam sebuah mold yang tertutup. Proses kerja compression molding yaitu dengan menekan bahan yang sedang dipanaskan menjadi bentuk sesuai cetakan (mold). Mekanisme penekanan pada peralatan umumnya menggunakan sistem hidraulic dengan kapasitas tekanan sesuai dengan jenis bahan dan dimensi yang dibentuk. Semakin keras dan besar volume bahan yang diproses, maka semakin besar tekanan yang dibutuhkan. Penelitian membahas desain Compression Molding yang cocok dengan skala UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk produk biokomposit dari bahan arang batok kelapa. Fokus desain dalam penelitian adalah mekanisme penekanan. Mekanisme kompresi yang digunakan pada penelitian menggunakan hand pump hidraulik untuk memompa oli hidraulik ke silinder dengan kapasitas tekan 20 ton. Sedangkan mekanisme termasuk struktur yang digunakan didesain yang kuat, ringkas dan murah. Berdasarkan hasil desain, maka diperoleh mekanisme gerak yang mumpuni dan masih terjangkau untuk skala UKM. Tekanan yang diperoleh dari hasil desain sesuai untuk pembuatan produk berbentuk papan limbah biomassa berukuran 120x80x5.

Full Text:

PDF

References


M. P. Groover, Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Processes, and Systems Fourth Edition: John WIley & Sons, Inc., 2010.

P. K. Mallick, Fiber Reinforced Composites: Materials, Manufacturing, and Design, 3 ed. Boca Raton, FL: Taylor & Francis Group, LLC, 2008.

S. T. K. J. D. S. K. M. P. K. G. D. M. S. Sreekala, Polymer Composites, 3 ed. Weinheim, Germany: Wiley VCH, 2013.

A. A. Shamsuri, Compression Moulding Technique for Manufacturing Biocomposite Products, Int. J. Appl. Sci. Technol., vol. 5, no. 3, pp. 23-26, 2015.

M. P. Groover, Fundamentals of Modern Maufacturing, Metall. Weld., pp. 87-109, 2012.

Kutz, M. 2011. Applied Plastics Engineering Handbook Processing and Materials. : Elsevier Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin