Tool Store Pintar Sebagai Solusi Dalam Manajemen Peminjaman Barang Berbasis Online Di Workshop Alat Berat


Dwiky Taradilaga, Ari Syaifudin Arslan, Imam Wahyudi, Abdul Azis Abdillah

Abstract


Saat ini proses peminjaman barang atau peralatan penunjang pembelajaran pada tool store alat berat sangatlah tidak optimal dalam peletakannya, serta proses peminjaman dan pengembalian barang masih dilakukan secara manual dengan mengisi formulir peminjaman pada media kertas. Pelayanan manual tersebut tidak efektif untuk pencarian peralatan yang dibutuhkan karena tidak diimbangi dengan sistem pendataan yang optimal. Hal ini memunculkan masalah baru yaitu ketidaktepatan dalam pengembalian barang pada rak atau lemari penyimpanan yang telah tersedia di tool store alat berat. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pemanfaatan sistem tool store pintar yang dapat diakses secara online melalui website. Konsep ini dapat meningkatkan fleksibilitas dalam proses peminjaman serta pengembalian barang di tool store alat berat. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan prosedur yang tepat untuk pembuatan sistem informasi tool store pintar dalam melakukan manajemen peminjaman barang dan mengukur tingkat efisiensi waktu peminjaman barang sebelum dan sesudah menggunakan sistem tool store pintar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development, sedangkan metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metode waterfall. Hasil akhir dari penelitian ini berupa website yang dapat di akses secara online.

Full Text:

PDF

References


H. . Jogiyanto, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: ANDI, 2005.

I. Oviantasari, Sastrodiharjo, and N. Novita, “Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penggua Akhir Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi,” 2008.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sommerville, Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga, 2011.

L. Mahadevan, W. J. Ketingger, and T. O. Meservy, “Running on Hybrid: Control Changes when Introducing an Agile Methodology in a Traditional ‘Waterfall’ System Development Environment,” Commun. Assoc. Inf. Syst., vol. 36, no. 5, pp. 77–103, 2015.

Izetbegovic, Stop Watch Time Study and Most: Work Measurement Techniques, 4th ed. 2007.

A. T. Rn, M. H. G. De Greef, W. P. Krijnen, R. M. B. N. Rn, and P. F. Roodbol, “Examining Time Use of Dutch Nursing Staff in Long-Term Institutional Care : A Time-Motion Study,” J. Am. Med. Dir. Assoc., vol. 17, no. 2, pp. 148–154, 2016.

P. . Kulkarni, S. . Kshire, and K. . Chandratre, “Productivity Improvement Through Lean Deployment & Work Study Methods,” Int. J. Res. Eng. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 429–434, 2014.

S. Ainul, “Pengukuran Beban Kerja Karyawan dengan Menggunakan Metode SWAT (Subjective Workload Assessment Technique) dan Work Sampling Di PT. XYZ,” Tek. Ind. FT USU2, vol. 8, no. 2, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin