Perancangan Bag Filter Tipe Pulse - Jet Cleaning Di Reject Clinker Lhoknga Plant


Ali Maulana Putra, R. Grenny Sudarmawan, Romi Hariawan

Abstract


Dalam pembuatan semen portland, clinker merupakan bahan utama yang merupakan bahan padat yang dihasilkan dari proses pembakaran dalam kiln, clinker ditransportasikan menggunakan bucket elevator dan belt conveyor menuju ke proses penghalusan clinker di semen mill. Namun pada saat clinker silo penuh atau clinker tidak masuk ke dalam standar maka clinker akan di keluarkan melalui pipa reject clinker silo, sehingga clinker bergesekan dengan permukaan tanah dan menimbulkan debu yang sangat pekat. Bag filter harus dipasang pada area clinker silo agar area berdebu dapat diminimalkan. Bag filter merupakan alat pengumpul debu dengan cara menghisap debu yang timbul saat proses produksi. Bag filter menggunakan fan sebagai tenaga penghisap dan bag cloth sebagai media penangkap debu. Bag filter tipe pulse jet cleaning memakai udara bertekanan untuk pembersihan debu yang tertangkap pada bag cloth. Disain bag filter yang dirancang mengacu pada guideline HGRS (Holcim Group Regional Support). Kapasitas bag filter menyesuaikan jenis dan dimensi alat transport.

Full Text:

PDF

References


Flückiger, Werner dan Stocker, Beat. 2007. Fabric Dust Collector System. HGRS. PT. Holcim Indonesia Tbk.

Khurmi, R.S., ang Gupta, J.K., 2005, A Text Books Of Machine Design, Eurasia Publising House (Pvt) Ltd, Ram Nagar. New Delhi 110055.

Priyana, Agung. 2018. Perancangan Bag Filter Tipe Shaker Cleaning di Batching Plant Pondok Indah 2. Politeknik Negeri Jakarta – PT. Holcim Indonesia Tbk.

Kurniawan Hengki, 2015. Bag Filter, Makalah Equipment Maintenace. Politeknik Negeri Jakarta - PT. Holcim Indonesia Tbk.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin