Penggunaan IR Flame Sensor Sebagai Sistem Pendeteki Api Berbasis Mikrokontroler pada Simulator Fire Suppression System


Darussalam Darussalam, Azwardi Azwardi

Abstract


Kebakaran biasanya diketahui ketika api sudah membesar, hal ini dapat menyebabkan dampak kebakaran menjadi fatal karena terlambat untuk dideteksi. Dalam perangkat safety pada unit alat berat terdapat Fire Suppression System, yang merupakan kombinasi dari sistem pendeteksi dan sistem penindakan ketika terjadinya kebakaran, yang dapat bekerja secara otomatis atau pun manual. Berdasarkan bahaya tersebut diperlukan perancangan sistem pendeteksi kebakaran yang dapat mendeteksi terjadinya kebakaran serta memberikan tanda peringatan adanya kebakaran. Penulis mencoba merancang sebuah alat pendeteksi api berbasis mikrokontroler yang diterapkan dalam bentuk simulator fire suppression system. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah untuk membuat sistem pendeteksi api berbasis mikrokontroler dalam bentuk simlator agar efektif dalam mendeteksi dan memadamkan ketika terjadinya kebakaran. Untuk mendapakan sistem yang dapat bekerja secara otomatis, maka diperlukan mikrokontroler sebagai pengontrol sistem tersebut. Sistem ini dirancang dengan menggunakan IR flame sensor yang berfungsi untuk mendeteksi adanya api yang bekerja berdasarkan sinar infra merah (infrared). Sistem ini dilengkapi oleh buzzer, LCD, motor servo dan lampu indikator sebagai proses ouput atau indikator ketika terjadinya kebakaran. Pada sistem ini Arduino sebagai otak dan pengelola data dari input IR flame sensor kemudian data digunakan untuk mengaktifkan beberapa komponen output sesuai perintah arduino. Hasil yang kami dapatkan bahwa sistem pendeteksi api yang telah dibuat dapat bekerja dengan baik dengan jarak maksimal 90 cm dan perubahan intensitas cahaya tidak mempengaruhi kinerja flame sensor.

Full Text:

PDF

References


Anggit Bayu Pratama. “Perancangan dan Implementasi Sistem Pendeteksii Kebakaran Berbasis Mikrokontroler dengan Sensor Api dan Sensor Asap di Kelurahan Wates, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung”. Skripsi. Politeknik Piksi Ganesha Bandung, 2017.

Erni Setyaningsih. “Penggunaan Sensor Photodioda sebagai Sistem Deteksi Api pada Wahana Terbang Vertikal Take –Off Landing (VTOL). Jurnal Teknik Elektro Vol. 9 No.2 . Universitas Negeri Semarang, 2017.

Suma’mur, Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta : CV Haji Mas Agung. 1989


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin