Peningkatan Produktivitas Washing Line Rear Axle Cat. II dan III di PT.X


Gerarda Siagian, R. Grenny Sudarmawan

Abstract


Peningkatan produktivitas adalah meningkatkan kinerja tenaga kerja untuk mencapai hasil optimal dalam produksi. PT. X merupakan perusahaan yang menghasilkan produk rear axle dan propeller shaft. Peningkatan produktivitas ini dilakukan pada washing line rear axle category II dan III di PT.X, (fabrikasi yang di PT.X yaitu permesinan, perakitan, dan pengecatan). Washing line rear axle adalah proses pertama perakitan dengan mencuci rear axle dari oli, kotoran, dan benda asing. Proses ini terdapat dua operator dengan rincian MP1 bertugas mencuci part (housing, axle shaft, hub, dan drum) yang memiliki efisiensi kerja sebesar 98%, dan MP2 bertugas mengantarkan pallet cuci kosong menggunakan trolley ke conveyor washing yang memiliki efisiensi kerja sebesar 37,5%. Nilai efisiensi kerja yang tidak sebanding berpotensi menyebabkan line stop dengan mengakibatkan peningkatan produktivitas terhambat. Sehingga perbaikan efisiensi kerja harus dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dengan mengurangi waktu tahan (delay). Perbaikan yang dilakukan untuk mengurangi waktu tahan dengan membuatkan (rancang bangun) lifter. Metode yang digunakan dalam merancang lifter terdiri dari: menentukan bidang kegiatan, mengindetifikasi masalah dan analisa kebutuhan, studi literatur, membuat konsep desain, analisis, fabrikasi, dan pengujian alat. Hasil dari perbaikan adalah produktivitas lebih efisien dari segi operator dengan satu operator sebesar 89% dan operator lain digantikan dengan aplikasi pallet cuci, lifter, dan shutter.

Full Text:

PDF

References


Putti, Joseph M., Memahami Produktivitas, Jakarta: Federal Publication-Binarupa Askara, 1986.

Liker, Jeffrey K., The Toyota Way: 14 Prinsip Manajemen dari Perusahaan Manufaktur Terhebat di Dunia, Erlangga, 2005.

Khumbar, Sandip K.; Niranjan M. R; Sanjay T. Satpute, Assembly Line Production Improvement by Optimazation of Cycle Time, International Journal of Mechanical And Production Engineering, ISSN:2320-2092, Volume 2, Issue 8, 2014.

Imai, Maasaki. “Gemba Kaizen: Pendekatan Akal Sehat, Berbiaya Rendah Pada Manajemen”, Penerjemah: Kristanto Jajha. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo, 1998.

Nallusamy, S., Productivity Enchament in a Small Scale Manufacturing Unit through Proposed Line Balancing and Cellular Layout, International Journal of Perfomability Engineering, Vol.12, No.6, pp.523-534, 2016.

Khurmi. R.S; J.K Gupta, A Textbook of Machine Design, Eurasia Publishing House (PVT.) LTD., New Dehli, 2005.

Z.Ach, Muhib, Kekuatan Bahan, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2008.

Fischer. Ulrich; Max Heinzler; Feledrich Naher; Heinz Paetzoid; Roland Gorneringer; Roland Kilgus; Stefan Oesterle; Andreas Stephan, Mechanical and Metal Trades Handbook, VERLAG EUROPA LEHRMITTEL – Nourney Vollmer GmbH & Co. KG Dusselberge StraBe 23.42781., Germany, 2006.

Hanoto; Irawan, Bambang; Marwoto; Taringan, Lembah; R. Parno; Ginting, Muhtar, Ilmu Kekuatan Bahan Jilid 1, PEDC Bandung, Bandung, 1983.

E. Lander & J. K. Liker, The Toyota Production System And Art: Making Highly Customized And Creative Products The Toyota Way, International Journal Of Production Research 45:16, 3681-3698, 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin