Rancang Bangun Simulasi Forklift di PT. X


Afreiza Mandalatama, Erlangga Saputra, Hanan Ardi Pratama, Sidiq Ruswanto

Abstract


PT. Inti Ganda Perdana sangat mengedepankan kualitas dan pengiriman pada produknya. Dengan adanya Departemen PPC yang mengatur aliran proses produksi sampai proses pengiriman, sehingga kualitas dan pengiriman produk tetap terjaga. Pada proses pengiriman produk dan proses penerimaan bahan mentah, operator menggunakan alat pengangkut berupa forklift. Forklift ini berfungsi untuk memindahkan produk dari truk ke tempat penyimpanan atau sebaliknya (loading dan unloading). Untuk meningkatkan pengetahuan operator forklift, Departemen PPC mempunyai jadwal pelatihan di Departemen Learning Center atau disebut juga Departemen Dojo. Departemen Dojo membutuhkan sebuah alat pengenalan dan pelatihan terhadap Forklift untuk karyawan yang ditempatkan pada Departemen PPC. Dikarenakan belum adanya alat tersebut menyebabkan terhambatnya proses pengenalan dan pelatihan, untuk menjawab permasalahan tersebut kami akan menciptakan sebuah alat Simulasi Forklift yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembuatannya, alat ini memiliki komponen utama yang digunakan yaitu pneumatic. Kami menggunakan 2 silinder pneumatic merk SMC dengan diameter 40 [mm], panjang stroke 300 [mm], dan tekanan maksimum 1 [MPa] untuk silinder 1. Diameter 50 [mm], panjang stroke 150 [mm], dan tekanan maksimum 1 [MPa] untuk silinder 2. Dengan alat ini, maka karyawan dapat melakukan simulasi loading dan unloading dengan cara mendorong dan menarik tuas pneumatic.

Full Text:

PDF

References


Wirawan Sumbodo, Rizki Setiadi, Sigit Poedjiono. Pneumatik dan Hidrolik. Yogyakarta : CV Budi Utama, 2017. ISBN.

Thomas Krist, Dines Ginting. Dasar - Dasar Pneumatik : Prinsip Dasar, Perhitungan, Komponen, dan Pelaksanaan. Jakarta : Erlangga, 1993.

Zainuri, Ach. Muhib. Mesin Pemindah Bahan-Material Handling Equipment . Yogyakarta : ANDI, 2008.

Air Cylinder CA2 Series. SMC Standard (Catalog)

Akhmad, A. A. (2009). S.T, M.T. Perancangan Simulasi Sistem Pergerakan Dengan Pengontrolan Pneumatik Untuk Mesin Pengamplas Kayu Otomatis, 8.

Barber, A. (1997). Pneumatik Handbook 8th Edition. Kidlington: Elsevier Advanced Technology.

Khurmi, R. S., & Gupta, J. K. (2005). A Text Book Of Machine Design. New Delhi: Eurasia Publishing House (PVT.) LTD.

Rahmi, M., Suwandi, D., Suliono, & Badruzzaman. (n.d.). Mesin Cetak Paving Block Dengan Sistem Pneumatik, 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin