Rancang Simulasi Hidrolik Press


Muhyiddin Syarif, Amin Abdillah, Vionanda Septian, R. Grenny Sudarmawan

Abstract


Hidrolik banyak dimanfaatkan pada industri manufaktur karena dibandingkan dengan power sistem yang lain mempunyai rasio tenaga yang tinggi. Salah satu pemanfaatannya adalah mesin hidrolik press. karena penggunaanya yang tidak mudah maka dibutuhkan pelatihan untuk mendapatkan pengetahuan dasar dan tipe pemeliharaan yang harus dilakukan. Project ini dilakukan di divisi Learning Center PT. X yang bergerak di bidang otomotif. Pada saat ini, divisi Learnig Center belum mempunyai alat simulasi yang membantu karyawan untuk mempelajari mengenai press hidrolik. Rancangan ini menggunakan rangkaian hidrolik dan elektrik didalamnya. Metodelogi yang digunakan yaitu merancang berdasarkan parameter dari data gaya maksimal yang dibutuhkan untuk melakukan kompresi kaleng alumunium secara aksial. Dilakukan uji tekan dengan standar pengujian ASTM E 9-89a. Didapatkan gaya terbesar berdasarkan pengujian tersebut yaitu 1450 [N], dari data uji coba tersebut dan spesifikasi aktuator yang digunakan, tekanan yang dibutuhkan adalah 28,63 [bar].

Full Text:

PDF

References


Çengel, YA. 2006. Fluid mechanics : fundamentals and applications. New York: McGraw-Hill

Durfee, W. 2015. Fluid Power System Dynamics. Minneapolis: University Of Minnesota

ASTM International. 2000. Standard Test Methods of Compression Testing of Metallic Materials at Room Temperature

Ferreira JA. 2006. Design and control of a hydraulic press. IEEE Conference on Computer Aided Control Systems Design. Munich

ENERPAC. 2019. RC57. https://www.enerpac.com/en-us/general-purpose-hydraulic-cylinders/general-purpose-cylinder/RC57 (diakses pada 2 juli 2019).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin