Modifikasi Vibrating Screen 566-VS1 Finishmill Narogong 2


Beni Yudistira, Moch. Sholeh, Yakub Yakub, Kasimin Kasimin

Abstract


Makalah ini membahas tentang modifikasi vibrating screen 566-VS1 pada metal trap yang berada di area Finishmill Narogong 2 PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk. Metal Trap merupakan sebuah equipment yang berfungsi memisahkan material metal yang terbawa oleh aliran semen pada Air Slide. Bagian-bagian Metal Trap terdiri dari aeration bin trap, blower, slide gate, vibrating screen, dan reject tray. Modifikasi yang dilakukan fokus pada vibrating screen dari metal trap. Root Cause Analysis (RCA) digunakan sebagai metode pemilihan permasalahan. Permasalahan utama yang didapatkan adalah penyaringan tidak berjalan dengan baik pada vibrating screen sehingga mengakibatkan bin aeration trap penuh dan material metal yang berada pada aliran semen menyumbat spliter air slide menuju separator, hal ini menyebabkan proses feeding separator menjadi tidak seimbang. Modifikasi dilakukan dalam beberapa tahap yaitu tahap pearancangan yang meliputi penambahan kapasitas pada vibrating screen, penurunan sudut pada screen dan penggantian model screen dengan menggunakan stainless steel rod, setelah itu dilakukan tahap realisasi serta proses monitoring pada kinerja vibrating screen untuk menentukan maintenance schedule yang tepat agar Vibrating screen tetap dalam performa yang baik.

Full Text:

PDF

References


H.Duda, Walter Dipl.-Ing. International Process Engineering in the cement industry [Cement Data Book Volume 1].

R. S. Khurmi and J. K. Gupta, A. 2005. Textbook of Machine Design. New Delhi: Eurasia publishing house (PVT.) LTD

Mulyanto, Eka Nino. 2011. Modifikasi Metal Trap Finishmill Narogong 2 [tugas akhir]. Narogong : Politeknik Negeri Jakarta - PT. Holcim Indonesia Tbk.

Karl T. Ulrich, Steven D. Eppinger. Fourth Edition. Product Design and Development.

Green, D.w. 1976. Perry’s Chemical engineers’ Handbook. United states of America : McGraw-Hill

Bartlow, Aulden H, Carbondale, Pa. 1973. Screen Having Parallel Slots and Method. United States Patent : Hendrick Manufacturing Company.

[Anonim]. 2018. Basic in Minerals Processing. Metso,

Sularso. 2013. Dasar Perancangan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta : Pradnya Paramita

Hartanto, N. Sugiarto. 2003. Menggambar Mesin Menurut Standar ISO. Jakarta : Pradnya Paramita


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin