Perancangan Kondensor Asap Hasil Pembakaran Sampah Serbuk Kayu Meranti pada Mesin Pembakar Sampah


Zuhdi Naufal, Seto Tjahyono

Abstract


Sampah merupakan bahan yang mencemari lingkungan. Salah satu cara menanggulangi sampah adalah dengan pembakaran. Sementara, pembakaran diruang terbuka dapat mengakibatkan polusi udara dan sampah yang dibakar ini juga tidak memiliki nilai lebih untuk dimanfaatkan kembali, sehingga dibutuhkan suatu mesin pembakar sampah yang tidak menimbulkan polusi udara dan dapat menambah nilai guna dari hasil pembakaran tersebut. Pada mesin ini terdapat tungku yang memiliki dua ruang sebagai tempat pembakaran, yaitu ruang bahan bakar dari limbah serbuk kayu meranti dan ruang yang dibakar dari sampah plastik berbahan polyethylene terephthalate (PET). Untuk menambah nilai guna dari hasil pembakaran ini, maka dibutuhkan komponen tambahan, yaitu kondensor. Kondensor berguna untuk mengkondensasi asap hasil pembakaran dengan mengubah asap dari fasa gas menjadi fasa cair. Hasil kondensasi ini disebut dengan asap cair. Asap cair dimanfaatkan sebagai pengawet, pewarna, penghilang bau lateks, dan lain-lain. Pada pelaksanaan perancangan ini dilakukan beberapa metode, meliputi identifikasi masalah dan kebutuhan, pembuatan konsep desain, analisa perhitungan rancangan, fabrikasi, serta pengujian alat. Perancangan kondensor ini difokuskan pada kondensasi asap hasil pembakaran limbah serbuk kayu meranti dari tungku mesin pembakar sampah menjadi asap cair, menggunakan perhitungan laju massa asap pembakaran limbah serbuk kayu meranti dari tungku sebesar 1,24 x 10-3 [kg/s] dengan temperatur keluar sebesar 125 [°C]. Hasil perancangan ini membutuhkan kondesor jenis shell and tube sepanjang 1,2 [m] dengan jumlah tube sebanyak 19 tube untuk mengkondesasi asap hasil pembakaran serbuk kayu meranti.

Full Text:

PDF

References


Nurul, F.H., Rancang Bangun Alat Incinerator Tipe Batch. 2014.

Ramanda, R.R., Modifikasi Kondensor Asap Pada Proses Pengarangan Berbahan Tempurung Kelapa. 2018.

Misckolczi, N., Fuels by Pyrolysis of Waste Plastics from Agricultural and Packaging Sectors in a Pilot Scale Reactor. Fuel Processing Technology, 2009. 90: p. 7-8.

Swastawati F, T.W.A., A Darmanto, Liquid Smoke Peformance of Lamtaro Wood and Corn Cob J of Coast Dev, 2007. 3: p. 189-196.

Sari, T.I., Pembuatan Asap Cair dari Limbah Serbuk Kayu Meranti sebagai Penghilang Bau Lateks. Journal of Chemical Engineering Sriwijaya University, 2009. 16.

JA, M., Smoke in Food Proceessing. 1988.

Joel, R., Basic Engeneering Thermodynamics. 3 ed. 1971.

Holman, J.P., Perpindahan Panas. 6 ed. 1997, Jakarta: Erlangga.

Iwan Kurniawan, A.M., Rancang Bangun Kondenser pada Pengering Beku Vakum. 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin