Rancang Bangun Mesin CNC 3-Axis Berbasis Mikrokontroler Arduino


Dwi Setiawan Widodo, Angger Sembodo, Muhammad Ghiyats Mukmin, Jimmy Dozeno

Abstract


Dalam dunia industri, manusia sangat terbantu dengan mesin-mesin yang telah diciptakan. Salah satu mesin yang sangat berguna adalah mesin CNC. Berkaitan dengan seksi machinary heavy equipment PT Badak NGL, pembuatan mesin CNC bertujuan membantu beberapa pekerjaan pada seksi tersebut. Mesin CNC ini dibuat menggunakan jenis rangka close frame structure yang dirakit dengan komponen ballscrew. Komponen ballscrew digunakan untuk merubah gerakan rotasi yang dihasilkan dari motor stepper, menjadi gerak translasi untuk menggerakkan sumbu kerja mesin CNC. Sedangkan, motor yang digunakan untuk memutar mata miling adalah motor DC. Pembuatan mesin CNC milling menggunakan arduino sebagai mikrokontroler. Mesin CNC ini akan mengeksekusi perintah dalam bentuk G-Code yang diinputkan pada aplikasi Universal G-Code Sender. G-Code tersebut merupakan definisi dari koordinat gambar yang akan dibentuk. Gambar desain akan diterjemahkan dalam bentuk G-Code oleh Fusion 360. Motor yang digunakan untuk gerakan translasi mesin CNC adalah motor stepper. Sedangkan untuk memutar mata miling, motor yang digunakan adalah motor DC. Pengujian mesin CNC Milling berupa kepresisian jarak yang ditempuh sesuai dengan input dan percobaan milling berbentuk gambar atau tulisan tertentu.

Full Text:

PDF

References


Gibbs David & Crandel M. Thomas. 1991. Dasar-Dasar Teknik dan Pemrograman CNC. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

International Journal of Engineering Research and General Science Volume 6, Issue 4, July-August, 2018. “Design and fabrication of 3-axis CNC Milling machine”

https://www.autodesk.com/industry/manufacturing/resources/manufacturing-engineer/g-code. Diakses pada 1 Juni 2019 (20.22 WITA)

G. H. R. Rashid Khalid Hilal Al Habsi, "Design and Fabrication of 3-Axis Computer Numerical Control (CNC) Laser Cutter," International Journal of Multidisciplinary Science and Engineering, vol. 7, no. 5, pp. 7-16, 2016.

Hiwin. Ballscrews Catalogue

Media, P., HOW TO SIZE A MOTOR


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin