Rancang Bangun Electrical Wiring pada Bag Filter untuk Stabilitas Flow Meter 4D2-BF2


Cahya Puji Santoso, Fatahula Fatahula, Hendro Susyanto

Abstract


Bag filter adalah suatu alat yang berfungsi untuk sistem dedusting material atau pemisahan debu berukuran sangat halus dengan udara supaya area tidak berdebu. Dedusting sangat di perlukan dalam proses pembuatan semen khususnya kestabilan pada pembacaan flow meter. Kestabilan pada pembacaan flow meter sangat berpengaruh terhadap kualitas semen. Ketidakstabilan flow meter membuat nilai LSF (Lime Saturation Faktor) berubah-ubah. Semakin tinggi nilai LSF maka material semen sukar untuk dibakar, dan semakin rendah nilai LSF maka kekuatan semen akan menurun. Kestabilan flow meter ditunjang dari aliran udara yang stabil dari tarikan bag filter, bag filter (4D2-BF1) yang memiliki banyak cabang dedusting membuat kinerja bag filter tersebut tidak maksimal. Penambahan bag filter (4D2-BF2) membantu system dedusting bag filter (4D2-BF1), sehingga perlu dibuat electrical wiring atau panel power dan kontrol untuk mengaktifkan bag filter tersebut. Adanya bag filter (4D2-BF2) maka bag filter (4D2-BF1) terbantu dalam proses dedusting dan aliran udara menjadi stabil yang membuat kestabilan pada flow meter.

Full Text:

PDF

References


A. L. V.-C Tech, ABB Miniature Circuit Breaker Aplication Guide.

Afriyantoro. Triyan, 2017, “Rancang Bangun Electrical Wiring pada Pulse Controller Bag Filter 432-BF1 Sesuai Holcim Standard Design Criteria” Teknik Mesin, Depok ; Politeknik Negeri Jakarta.

De Luca, Arnad, ‘Bag Filter’, Vol.5, page 101-117, 2007.

Fadhil Ardianov. Muhammad, 2016, “Rancang Bangun Electrical Wiring pada Panel Tripper Limestone 242-TR1 Sesuai Holcim Standard Design Criteria” Teknik Mesin, Depok ; Politeknik Negeri Jakarta.

Holcim Indonesia. 2015. Cement Manufacturing process.

IEV 441-14-20.2015. Circuit Breaker. IEV.

Jabulani,Yadi.2015.Diagram Pengawatan.

Yusuf.2007.Pengertian dan jenis terminal block.Bandung:Politeknik Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin