Rancang Bangun Alat Internal Checking untuk Mesin Uji Puntir Kapasitas 16000 [Nm] di B2TKS-BPPT


Aradi Wisnu Salam, Raihan Firdaus, Willi Muhammad Al Rafshanjani, Sidiq Ruswanto

Abstract


Mesin uji puntir kapasitas 16 [kN-m] adalah sebuah mesin uji dengan ouput beban puntir maksimal 16 [kNm]. Sebelum kegiatan pengujian dilakukan mesin harus melalui proses kalibrasi dan inspeksi rutin (internal checking ). Namun, dalam praktiknya kegiatan kalibrasi mesin uji puntir kapasitas 16 [kNm] di B2TKS-BPPT terdapat masalah yaitu adanya gaya angkat sebesar ± 32 [kN] dan defleksi pada load cell mesin uji puntir. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibuat alat bantu yang mampu mengatasi masalah tersebut Untuk memperluas fungsi alat bantu ini menjadi sebuah alat untuk inspeksi rutin (internal checking ), maka dipasang sensor regangan (strain gauge) pada poros alat bantu tersebut yang di rangkai dengan penguat sinyal (amplifier) sebagai pembaca keluarannya. Metodologi yang digunakan ialah menganalisa proses kalibrasi dilapangan, pemilihan bahan, perhitungan kekuatan dan pembuatan gambar kerja, proses fabrikasi dan quality control. Hasil perencanaan yang diperoleh adalah sebagai berikut: poros berukuran Ø130 x 160, ukuran roller bearing Ø120, material poros menggunakan ASSAB 705, sambungan antara poros dan mesin uji menggunakan flange dengan ukuran Ø285 x 30, dan mengahasilkan regangan sebesar 800µε pada poros sebagai syarat dipasangnya sensor regangan. Sehingga dengan dibuatnya alat ini kegiatan kalibrasi dan internal checking dapat dilakukan

Full Text:

PDF

References


Sularso, dan Suga K. Dasar Perencanaan dan Pemelihan Elemen Mesin. PT. Pradnya Paramita, Jakarta (2008).

Khurmi, R S, and J K Gupta. Text Book of Machine Design Eurasia. Ram Nagar ltd, New Dehli (2008).

Sunarto. Diktat Pengembangan Produk. Politeknik Negeri Jakarta, Depok (2008).

Weni, Harjoprayitno Wijatmoko. Analisa Tegangan Eksperimental Dengan Metode Strain Gauge. Laboratorium Uji Konstruksi, Tangerang Selatan (2002).

Ulrich, Karl, and Steven D. Eppinger. Product Design and Development. 2. The McGraw-Hill Companies, (2000).

PT. Tira Austenite Industrial Estate. Assab Machinery Steel. Jakarta, (2000).

Jatmiko, S, and S Jokosisworo. "Analisa Kekuatan Puntir dan Kekuatan Lentur Putar Poros Baja ST60 Sebagai Aplikasi Perancangan Bahan Poros Baling-Baling Kapal." UNDIP (2012).

Purwanto, Dwi. "Rancang Bangun Load Cell Sebagai Sensor Gaya Pada Sistem Uji." B2TKS-BPPT (2010).

Kalpakjian, Serope, and S R Schmid. Material Removal Processes : Cutting, Manufacturing Processes for Engineering Materials. Pearson Pretince Hall, Singapore (2008).

Djuwari, M.Hum Dr. Cara Menulis Abstrak : Startegi Untuk Mengorganisir Pikiran Anda Dalam Menulis Abstrak Karya Ilmiah Internasional. (1985).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin