Konversi Energi Panas Surya menjadi Listrik menggunakan Peltier TEC 1-12706


Firanda Permata Salsabiila, Muhammad Hijriy Apriansyah, Nabila Rachmatika, Taufik Maulana, Tatun Hayatun Nufus, Emir Ridwan

Abstract


Berdasarkan letak geografis, Indonesia merupakan negara yang kaya akan energi surya. Cahaya dan panas matahari (energi surya) kemudian dikonversi untuk dimanfaatkan dalam bentuk energi listrik. Pemanfaatan panas energi surya yang dikonversi menjadi bentuk energi listrik biasa ditemukan dalam solar thermal. Makalah ini memiliki bahasan yang berbeda dari solar termal, yaitu membahas pengujian peltier yang termasuk peralatan termoelektrik. Peltier yang digunakan pada makalah ini adalah tipe TEC 1-12706. Pengujian dilakukan untuk membuktikan bahwa peltier adalah salah satu perangkat yang dapat mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik secara langsung. Komponen yang digunakan pada pengujian ini meliputi 8 buah peltier TEC 1-12706 yang dirangkai seri serta sebuah heat sink untuk menghomogenkan temperatur pada sisi lain peltier yang tidak menghadap matahari. Pengujian dilaksanakan selama 5 hari dengan pengambilan data setiap 10 menit selama 8 jam, dimulai dari pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Pengujian meliputi pengukuran intensitas cahaya, arus, tegangan serta beda temperatur dan perhitungan daya keluaran. Dari hasil pengujian diperoleh rata – rata intensitas matahari dan daya keluaran tertinggi pada pukul 11:40.

Full Text:

PDF

References


Astu Pudjanarsa dan Djati Nursuhud, Mesin Konversi Energi. Penerbit ANDI Yogyakarta, Surabaya (2008)

Al Fikri, Hafidh Abdurrohman, Efektifitas Modul Perltier TEC1-12706 sebagai Generator dengan Memanfaatkan Energi Panas dari Modul Peltier. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta (2016)

Zito, Raplh, Energy Storage a New Approach. New York (2010)

Gontor A., Rahmat I.M., dan Azridjal Aziz, Pengujian Thermoelectric Generator sebagai Pembangkit Listrik dengan Sisi Dingin Menggunakan Air Bertemperatur 10 oC. Jurnal Sains dan Teknologi Vol.14, No.2, hal 45-50 (2015)

Hanley A., Shabrina G.F., Karizki H., Hidayatul L., Zaeny A., dan Riva K. Uripto., Modul 3 Termoelektrik. Program Studi Fisika, Institut Teknologi Bandung, Bandung (2013)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin