Sistem Otomatisasi dan Monitoring Perawatan Berkala AC (Air Conditioner) Berbasis Arduino yang Terintegrasi IoT (Internet of Things)


Gohi Diori, Dhea Amelia Rianjani, Gilang Maulana, Tyara Zhafirah Tamzil, Maykel Manawan, Agus Sukandi

Abstract


Air Condtioner (AC) adalah alat pendingin yang populer digunakan saat ini, untuk menciptakan suhu ruangan yang nyaman. Tetapi dalam penggunaannya, AC menimbulkan beberapa permasalahan, contohnya para pengguna sering kali lalai dalam mematikan AC saat sudah tidak dipakai serta jarang melakukan pengecekan dan perawatan terhadap kondisi unit AC. Apabila dibiarkan dapat mempengaruhi peningkatan pada biaya listrik yang dikeluarkan. Oleh karena itu diperlukan suatu kontrol yang secara otomatis dapat mematikan dan menyalakan AC apabila sudah tidak digunakan dan juga mengatur suhu ruangan sesuai SNI serta dapat memonitoring kerusakan pada AC. Alat ini menggunakan sensor PIR yang digunakan untuk mematikan dan menyalakan AC secara otomatis jika ada orang di dalam ruangan. Sensor Suhu ds18b20 digunakan untuk memantau suhu secara akurat di ruangan dan akan mengatur suhu di ruangan serta membandingkannya dengan suhu set di remote AC. Sensor Water level dan sensor Hall Effect berfungsi untuk mendeteksi kerusakan pada AC. Keseluruhan sensor akan dikendalikan oleh Arduino Uno yang akan terintegrasi dengan Internet of Things (IoT) melalui modul wifi ESP8266, yang akan memberikan sinyal peringatan pada pengguna apabila terjadi kerusakan AC, sehingga penggunaan AC dapat efektif dan efisien.

Full Text:

PDF

References


A. N. Laili, ”Sistem On-OFF AC (Air Conditioner) pada Ruang Pemyimapnan Barang – Barang Berharga Berbasis Mikrokontroller Atmega16 dengan Monitoring via Web”, Universitas Diponegoro Semarang , 2010.

A. Solfia, Ir Ya’umar, Ir W. A. Asmoro, ”Rancang Bangun Sistem AC Otomatis Berbasis Mikrokontroller Atmega 8535 pada Smart Building Ruang Kelas S2 Jurusan Teknik Fisika FTI – ITS”, Institut Teknologi Sepuluh November, 2013.

E. F. Susanto, “Skripsi Otomasasi Monitoring Air Condition (AC) Berbasis Arduino dan SMS Gateway”, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2018.

E. P. Dewa, R. Kartadie, “Integrasi Sensor Gerak dan Ponsel pada Arduino sebagai Sistem Kontrol Keamanan Rumah”, JIPI ( Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika ) Volume 01.

I. G. M. N. Desnajaya, I. A. D Griantari, R. S. Hartati, “Rancang Bangun Sistem Kontrol Air Conditioning Automatic Berbasis Passive Infrared Receiver”, Universitas Udayana, 2013.

L. C. Putri, H. Fitriyah, W. Kurniawan, “Deteksi Jumlah Penghuni pada Ruangan Berpintu untuk Smart Home Berbasus Arduino dan Sensor PIR”, Universitas Brawijaya, 2018.

R. Sinaga, Dr. Marhaposan, “Pengendali Kecepatan Motor DC Menggunakan Sensor Hall Berabsis Mikrokontroller Atmega 8355”, Universitas Sumatera Utara, 2017.

Water Level Sensor Module for Arduino AVR ARM STM32 STM8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin