Pengaruh Viskositas Pelumas SAE Mono-grade Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor-PPPTMGB LEMIGAS


Anindia Octarisa Rizkiya, Belyamin Belyamin, Arifia Ekayuliana

Abstract


Pada mesin motor, pelumasan sangatlah penting. Pelumas akan melumasi bagian-bagian mesin yang saling kontak satu sama lain agar tidak terjadi gesekan berlebih, overheat dan membersihkan kotoran sisa-sisa pembakaran. Viskositas pelumas berpengaruh terhadap kemampuan untuk mengurangi gesekan antara bagian mesin yang saling kontak satu sama lain. Gesekan yang terjadi pada mesin akan mempengaruhi kinerja mesin. Tujuan penelitian ini untuk menentukan pengaruh viskositas pelumas terhadap konsumsi bahan bakar motor. Pada penelitian ini digunakan pelumas mineral SAE 20, 30 dan 40 mono-grade. Pengukuran dilakukan dengan variabel kontrol berupa putaran mesin dengan kecepatan 2300, 2800 dan 3200 RPM serta mengunakan bahan bakar premium, pertalite dan pertamax. Pengambilan data menggunakan motor Honda Blade 110 cc yang diuji menggunakan dynotest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan pelumas dengan viskositas SAE 20 mono-grade menghasilkan efisiensi termal hingga 77%, konsumsi bahan bakar rendah serta menghasilkan daya mekanik yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan pelumas lainnya.

Full Text:

PDF

References


Wartawan, Anton L, Pelumas otomotif dan industri. Balai Pustaka, Jakarta. (1998)

Wartawan, Anton L, Minyak Pelumas. Gramedia, Jakarta. (1983)

Jasin, M, Perkembangan Teknologi Mesin Otomotif vs Kebutuhan Teknologi Bahan BakarLembaran Publikasi Lemigas, Jakarta . (2003)

Arisandi, Darmanto, Priangkoso, Analisa Pengaruh Bahan Dasar Pelumas Terhadap Viskositas Pelumas dan Bahan Bakar. Jurnal MOMENTUM, at Semarang, Indonesia, Volume: 8 (2012)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin