Perbandingan Efektivitas Heat Exchanger Tipe Plate Frame dengan Shell and Tube pada Intercooler


Shilfa Maharani, Belyamin Belyamin, Arifia Ekayuliana

Abstract


Heat exchanger merupakan salah satu komponen penting di PLTP, karena berfungsi untuk memindahkan panas antara dua fluida dengan temperatur yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan efektivitas heat exchanger tipe plate frame pada intercooler PLTP Gunung Salak dengan perhitungan heat exchanger tipe shell and tube. Heat exchanger yang digunakan di PLTP Gunung Salak Unit 1 yaitu tipe plate frame. Fluida panas(secondary) didinginkan oleh fluida dingin(primary) melalui pelat-pelat. Banyak ditemukan masalah, salah satunya kebocoran pada pelat karena gasket sudah tidak menempel lagi pada pelat. Dengan terjadinya kebocoran tersebut, maka efektivitas plate heat exchanger sebesar 30,02 %. Di industri kebanyakan menggunakan heat exchanger tipe shell and tube karena kontruksinya sederhana, jika terjadi kebocoran pada tube bisa menggunakan cara plugging. Maka dari itu, penelitian akan membahas perhitungan dimensi shell and tube heat exchanger satu pass shell dan dua tube aliran berlawanan dengan metode analisis perhitungan LMTD (Log Mean Temperature Difference), perhitungan efektivitas heat exchanger tipe plate frame dan tipe shell and tube. Hasil perhitungan heat exchanger tipe shell and tube ini memiliki efektivitas sebesar 45,6 %, jadi tipe shell and tube lebih baik dari tipe plate frame.

Full Text:

PDF

References


https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/komoditas/energi-panas-bumi/item268? Updated pada 1 Oktober (2015)

Hewitt, G. F; Shires, G.L; Bott, T. R., Process Heat Transfer, Begell House Inc, New York, (1994)

Marno, Nurahmadi Awal, Kajian Alat Penukar Kalor Shell and Tube Menggunakan Program Heat Transfer Research Inc (HTRI), Jurnal Ilmu dan Aplikasi Teknik, Barometer, vol. 2, no 1, (2017)

Ramdhani Regi, Pra Perancangan Heat Exchanger Untuk Menaikan Kapasitas Beban Sampai 130% di Plant VCM-2 Seksi 3 PT Asahimas Chemical, Tugas Akhir Politeknik Negeri Bandung, (2012)

http://www.roymech.co.uk/Useful_Tables/Matter/Costs.html (akses 26 Juni 2018)

Kern, D. Q, Process Heat Transfer, Mc Graw-Hi. Book Company, New York, (1965)

Sinnott, R. K, Chemical Engineering Design, Vol. 6, 4th Ed. UK: ELSEVIER, (2005)

Siagian, S, Analisa Efektivitas Alat Penukar Kalor Jenis Shell and Tube Hasil Perancangan Mahasiswa Skala Laboratorium, Bina Teknika, Majalah Ilmiah FTI UPN Veteran Jakarta, vol. 12, no. 2, (2016)

Muttaqin, Zaenal dan Irijanto, Pengujian Efektivitas Penukar Kalor Multi Flat Plate Heat exchanger Aluminium Dengan Aliran Cross Flow, Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University, (2012)

Sudrajat Jajat, Analisis Kinerja Heat Exchanger Shell and Tube pada Sistem COG Booster Di Integrated Steel Mill Krakatau, Jurnal Teknik Mesin Universitas Mercu Buana, (2017)

Sutowo Cahya, Analisis Heat Exchanger Jenis Shell and Tube dengan Sistem Single Pass, (2010)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin