Desain Sistem Pemanas Compression Molding untuk Biokomposit


Muhammad Tatag Yogatama, Sonki Prasetya, Muslimin Muslimin

Abstract


Penelitian membahas desain sistem kontrol pemanas mold pada mesin compression molding untuk skala Usaha Kecil Menengah (UKM). Mesin compresion molding skala UKM digunakan untuk pembuatan produk dari bahan biokomposit lokal seperti limbah daun nanas, arang batok kelapa dan lainnya. Compression molding adalah proses manufaktur yang memanfaatkan kombinasi tekanan dan panas untuk membentuk produk sesuai cetakan. Contoh produk yang diproses dengan compression molding adalah interior pintu mobil, pegangan raket tenis, fuel cell, bagian dalam helm, dan lain-lain. Permasalahan utama dalam desain sistem kontrol pemanas mesin adalah temperatur proses dan distribusi panas pada area mold dan bahan tidak sesuai dengan karakteristik compression molding. Tujuan penelitan adalah mengendalikan temperatur mold, menentukan komponen-komponen pengendalian temperatur mold yang optimal untuk mesin skala UKM. Komponen-komponen utama sistem kontrol temperatur meliputi thermocontrol, dan thermocouple. Temperatur pemanasan biokomposit carbon/ arang batok dalam penelitian adalah 80oC, sedangkan tekanan diberikan senilai 10-55 MPa. Dimensi sampel berbentuk papan berukuran 120x80x5 mm. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa daya heater yang optimal menggunakan W-shape tubular heater 1500 Watt dengan temperatur 200oC dalam kurun waktu kurang dari 10 menit.

Full Text:

PDF

References


Kementrian Koperasi dan UKM Indonesia, Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2016-2017, 2017.

M. P. Groover, Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Processes, and Systems Fourth Edition: John WIley & Sons, Inc., 2010.

P. K. Mallick, Fiber Reinforced Composites: Materials, Manufacturing, and Design, 3 ed. Boca Raton, FL: Taylor & Francis Group, LLC, 2008.

G. R. Arphita, M. R. Sanjay, L. Laxmana Naik, K. Gopalakrishna, B. Yogesha, Applications of Natural Fibers and Its Composites: An Overview, Scientific Research Publishing Inc., 2016.

Sabu Thomas Kuruvilla Joseph, S. K. Malhotra, Koichi Goda, M. S. Sreekala, Polymer Composites, 3 ed. Weinheim, Germany: Wiley VCH, 2013.

Stephen R. Schmid, Serope Kalpakjian, Chih-Wah Kok, Manufacturing Engineering and Technology Sixth Edition in SI Units: Pearson Education Canada, 2009.

T. M. Maloney, Modern Particle Board and Dry-Process Fiberboard Manufacturing. San Fransisco, California: Miller Freeman Publisher, 1977.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin