Surat Persetujuan VMMF Berbasis Aplikasi Web


Nico Singgih Ramadhan, Niwayan Wirdasih, Hasvienda M. Ridlwan, Aida Shofiya Anwar

Abstract


vendor pada departemen procurement PT. SBI. Saat ini persetujuan dokumen dilakukan menggunakan media kertas dan persetujuan basah, yang mana memiliki beberapa kekurangan pada segi aksesibilitas, waktu dan penyimpanannya. Permasalahan pertama terjadi ketika penyetuju tidak berada di kantor procurement, sehingga memaksa dokumen untuk dikirimkan melalui pos atau e-mail. Kejadian tersebut terjadi karena kurangnya akses kepada dokumen VMMF sehingga menyebabkan penambahan waktu pengerjaan dokumen. Permasalahan ke-dua terjadi pada proses pengarsipan dokumen VMMF, saat ini lokasi untuk penyimpanan dokumen VMMF masih belum tersedia, sehingga dokumen VMMF tidak tersimpan dan tertata dengan baik. Oleh karena itu penulis memberikan solusi untuk mengubah proses persetujuan dokumen VMMF menjadi dijital. Proses ini akan dilakukan menggunakan aplikasi web yang telah dirancang dan dibuat oleh penulis pada framework codeigniter menggunakan struktur arsitektur MVC dan dibuat pada web server MySql – Apache. Dengan aplikasi ini dokumen VMMF dapat dibuat dan diakses dimanapun menggunakan web browser dengan system keamanan 2 tahap. Persetujuan dokumen menjadi lebih cepat sebesar 96,66%. Penyimpanan dokumen juga akan menjadi lebih tertata dan mengurangi pemakaian kertas sebanyak 100%, sehingga memberikan ruang yang tersedia untuk dokumen fisik lainnya.

Full Text:

PDF

References


H. Procurement, Procurement Operating Handbook 2016.pdf, 1.3. Jakarta: Corporate Procurement & Inventory, 2016.

O. Team, “What Is a Database?,” 2019. [Online]. Available: https://www.oracle.com/database/what-is-database.html. [Accessed: 13-Jun-2019].

A. Friends, “About XAMPP,” 2019. [Online]. Available: https://www.apachefriends.org/about.html. [Accessed: 13-Jun-2019].

P. Team, “phpMyAdmin,” 2019. [Online]. Available: https://www.phpmyadmin.net/. [Accessed: 13-Jun-2019].

V. Siva, “Improvement in product development: Use of back-end data to support upstream efforts of robust design methodology,” Qual. Innov. Prosper., vol. 16, no. 2, pp. 84–102, 2012.

UML, “ UML Use Case Diagrams, “ 2019. [Online}. Available: https://www.uml-diagrams.org/use-case-diagrams.html. [Accessed: 3-Jul-2019].

UML, “ UML Sequence Diagrams, “ 2019. [Online}. Available: https://www.uml-diagrams.org/use-case-diagrams.html. [Accessed: 3-Jul-2019].

Paradigm, Visual “ Flowchart Tutorial (with Symbols, Guide and Examples), “ 2019. [Online}. Available: https://www.visual-paradigm.com/tutorials/flowchart-tutorial/. [Accessed: 3-Jul-2019].

M. Godbolt, Frontend Architecture for Design Systems, First Edit. Sebastopol, 2016.

V. Siva, “Improvement in product development: Use of back-end data to support upstream efforts of robust design methodology,” Qual. Innov. Prosper., vol. 16, no. 2, pp. 84–102, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Teknik Mesin