FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA MICE EXISTING DESTINATION (STUDI KASUS MEETING PLANNERS DESTINASI JAKARTA)


Etty Khongrat, Imam Syafganti, Anwar Mustafa

Abstract


Kinerja suatu destinasi MICE dilihat dari seberapa banyak destinasi menjadi tuan rumah untuk suatu event
MICE, banyak factor yang mempengaruhi salah satu adalah fasilitas venue dan pengalaman suatu destinasi
menjadi tuan rumah khusunya event MICE.
Tujuan adalah untuk mendeskripsikan penelitian empiris yang dimaksudkan , untuk mengukur faktor-faktor
yang mempengaruhi Meeting Planner dalam memilih destinasi untuk event MICE
Perancangan/methodology/pendekatan penelitian menggunakan metode survei, destinasi yang dipilih
adalah Jakarta sebagai existing destination MICE di Indonesia. Instrumen yang digunakan adalah
kuesioner. Pengumpulan data dilakukan secara random dari 51 Meeting Planner, analisis data menggunakan
Generalized Structured Componen Analysis (GSCA).
Temuan menunjukkan bahwa faktor tersedianya venue yang berstandar International dan memenuhi criteria
serta tersedianya kelengkapan maka meeting planner cenderung memilih destinasi untuk event MICE. Citra
destinasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja destinasi, semakin baik citra
destinasi yang disebabkan oleh semakin lengkapnya venue akan meningkatkan kinerja destinasi MICE
Jakarta.
Keterbatasan penelitian dan implikasi penelitian selanjutnya perlu melihat faktor yang lain dan jumlah
meeting planner sebagai sample.


Full Text:

PDF

References


Coban, S. 2012. The effect of the image of

destination on tourist satisfaction

and loyalty: the case of

Cappadocia. European Journal of

Social Sciences, 29 (2): 222-232.

Buhalis, D. (2001), Destination

Management Organizations and

small and medium sized tourism

Enter enterprises, Conference,

Information Society ureaus.

Tourism Management, 22 (2001), 599-

(2001) of Denmark, 15-28

Framke, W. & Baeren, J.O. (2000):

Destination Construction. Travel

& Destination. Proceedings of a

Conference held at Roskidle

≠University 17.02.200. Geography

Roskilde University Working

Paper ±152/publication from the

Tourism Research Centre

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane,

, Manajemen Pemasaran

Edisi 13 Jilid I, Jakarta: Penerbit

Airlangga

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2002,

Manajemen sumber daya Manusia.

Remaja Rosdakarya Bandung.

Surya Online Surabaya, 2014, Dua

Museum Ini Terbengkalai ,

Pengunjung Bisa Dihitung Dengan

Jari (http://surabaya

tribunenews.com/) (diakses pada 2

Februari 2016 pukul 20.00 WIB).

Qu, H., et al, 2011. A model of destination

branding: Integrating the concept

of the branding the concepts of the

branding and destination image.

Tourism Management, 32: 465-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.