PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM PARADIGMA PEMELAJARAN BAHASA: SEBUAH STUDI REFLEKTIF TERHADAP POKOK PEMIKIRAN THOMAS SAMUEL KUHN


Tantri Sari Safitry, Septina Indrayani, Lenny Brida

Abstract


Pandemi COVID-19 yang dimulai sejak tahun 2020 dinilai telah membawa pengaruh besar terhadap banyak aspek pada kehidupan manusia di era modern ini, salah satunya dalam bidang pemelajaran. Artikel ini mencoba untuk membahas dampak diberlakukannya Pembelajaran Jarah Jauh (PJJ) serta perannya sebagai sebuah paradigma baru dalam pembelajaran dalam menggunakan pandangan perubahan paradigma dari Thomas Samuel Kuhn. Hasil dari analisis ditemukan bahwa PJJ merupakan sebuah proses awal dari perubahan paradigma pembelajaran bahasa (dan mungkin pembelajaran secara umum) yang ada sekarang. Karena pada dasarnya paradigma suatu hal akan berubah menjadi sebuah respons pada sebuah anomali (dalam hal ini pandemi Covid-19) yang muncul.


Full Text:

PDF

References


Almas, A. F. (2018). Sumbangan paradigma Thomas S. Kuhn dalam ilmu dan pendidikan. Penerapan Metode Problem Based Learning dan Discovery Learning. Volume. 3, No. 1, Januari – Juni 2018.

Bhaskar, R. (1989). The possibility of naturalisme. Harvester Wheatsheaf.

Diamastuti, E. (2015). Paradigma ilmu pengetahuan sebuah telaah kritis. Jurnal Akuntansi Universitas Jember. Jember

Kalean. (2002). Filsafat bahasa. Paradigma.

Kuhn, T. S. (1962). Structure of scientific revolutions - Suhn, Ts. University of Chicago.

Mulyana, D. (2003). Metodologi penelitian kualitatif paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya. Rosda Karya.

Nuryana, A. N. (2020). Dampak Dunia Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Dikutip dari

https://kabar-priangan.com/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-dunia-pendidikan/ tanggal 18 Desember 2020.

Setiawan, J & Sudrajat, A. (2018). Pemikiran postmodernisme dan pandangannya terhadap ilmu pengetahuan. Jurnal Filsafat, Vol. 28, No. 1.

Yerusalem, M. R., dkk. (2015). Desain dan implementasi sistem pembelajaran jarak jauh di program studi sistem komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 3, No. 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.