PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED SECURITY TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN GOPAY


Khusnul Nurwijaya Kusuma N., Titik Purwinarti, Iis Mariam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara perceived ease of use dan perceived security terhadap minat menggunakan fintech e-wallet pada pengguna GoPay di Kecamatan Sukmajaya. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif serta jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan teknik nonprobability sampling dengan menggunakan metode pengambilan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan studi pustaka dan penyebaran kuesioner. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS versi 22 for Windows. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) perceived ease of use (X1) berpengaruh secara signifkan sebesar 56,10% terhadap minat menggunakan (Y), (b) perceived security (X2) berpengaruh secara signifikan sebesar 63,36% terhadap minat menggunakan (Y), (c) perceived ease of use (X1) dan perceived security (X2) berpengaruh secara signifikan sebesar 70,6% terhadap minat menggunakan (Y) dan (d) koefisien determinasi sebesar 0,706. Hal ini berarti variabel dependen dipengaruhi oleh variabel independen sebesar 70,6% dan 29,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar varibel yang digunakan dalam penelitian ini seperti perceived usefulness, perceived risk, kepercayaan dan lain sebagainya.

Full Text:

PDF

References


A Book

Ginantra, Ni Luh Wiwik Sri Rahayu dkk. 2020. Teknologi Finansial: Sistem Finansial Berbasis Teknologi di Era Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Indrawati, dkk. 2017. Perilaku Konsumen Individu Dalam Mengadopsi Layanan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.

Purwanto, Edi. 2020. Technology Adoption A Conceptual Framework. Tanggerang: Yayasan Pendidikan Philadelphia.

Riyanto, Slamet dan Aglis Andhita Hatmawan. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitan di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Santi, Indiyah Hartami dan Fandi Sudiasmo. 2020. Perceived Usefullness dan Perceived Ease Of Use Terhadap Behavioral Intention To Use dan Actual Usage Pada Aplikasi Indentifikasi Jenis Kulit Wajah. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Yudha, Ana Toni R C dkk. 2020. Fintech Syariah: Teori dan Terapan. Surabaya: Scopindo media.

Journal Article

Abrilia, Nurya Dina dan Tri Sudarwanto. 2020. “Pengaruh Persespi Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E Wallet Pada Aplikasi Dana di Surabaya”. Dalam Jurnal Pendidikan Tata Niaga, Vol. 8, No.3, ISSN: 2337- 6078. Universitas Negeri Surabaya.

Fatikasari, Cindy Dwi. 2018. “Pengaruh Persepsi Keamanan, Persepsi Privacy, dan Brand Awareness Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi”. Universitas Negeri Yogyakarta.

Joan, Leoni dan Tony Sitinjak. 2019. “Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay”. Dalam Jurnal Manajemen, Vol. 8, No.2, ISSN: 2089-3477. (Mei, 2019). Kwik Kian Gie School of Business.

Kumala, Debby Cynthia dkk. 2020. “Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Trust, dan Security Terhadap Minat Penggunaan GoPay Pada Generasi X di Surabaya”. Dalam Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol. 6, No.1 ISSN: 0216- 6283 (Maret, 2020). Universitas Kristen Petra.

Rizky, Nina dkk. 2018. “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Pengetahuan Terhadap Minat Menggunakan e banking Dalam Bertransaksi Pada UMKM di Kecamatan Buleleng”. Vol. 9, No.3, ISSN: 2614-1930. Universitas Pendidikan Ganesha.

Website

APJII. 2020. "Penetrasi Pengguna Internet 2019-2020". https://www.apjii.or.id/ Diakses pada 14 Maret 2021.

Bank Indonesia. 2020. "Apa itu uang elektronik". https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages /Apa-itu-UangElektronik.aspx. Diakses pada 30 April 2021.

CNN Indonesia. 2019. “Kendala Pengembangan Sistem, Sebab Saldo Gopay Tak Bertambah”. https://www.cnnindonesia.com/teknol ogi/20191026152757185443111/kons umen-gopay-keluhkan saldo takbertambah-usai-top-up. Diakses pada 14 Maret 2021.

CNN Indonesia. 2020. "Modus Penipuan yang Kerap Dipakai kuras GoPay Pengguna Gojek". https://www.cnnindonesia.com/teknol ogi/20200110144058-185- 464222/modus-penipuan-yang-kerap dipakai-kuras-gopay-pengguna-gojek Diakses pada 14 Maret 2021.

Gojek. 2021.“Review Gojek Google Play Store,”2021. https://play.google.com/store/apps/det ails?id. Diakses pada 14 Maret 2021.

Katadata. 2020. "GoPay Jadi Dompet Digital Paling Populer diIndonesia". https://databoks.katadata.co.id/datapu blish/2020/12/28/gopay-jadi-dompet digital-paling populer-di-indonesia. Diakses pada 30 April.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.