Analisis Perilaku Konsumen Dinilai dari Indeks Sikap Konsumen pada Restoran Nasi Gajah


Dini Bapiani, Azwar Azwar

Abstract


Tren bisnis kuliner yang meningkat pada saat ini memberikan peluang dan tantangan pada pelaku bisnis juga pemerintah selaku pemangku kebijakan. Dengan memahami jenis perilaku konsumen maka para pelaku usaha dapat memilih dan merancang strategi yang cocok untuk mempengaruhi para konsumen. Objek penelitian ini adalah Nasi Gajah Cabang Kota Depok. Permasalahan pada objek penelitian terdapat beberapa aspek belum berkontribusi secara baik. Salah satunya yaitu dari aspek pasar Nasi Gajah belum mengetahui dengan jelas segmentasi pasar yang tepat dan seberapa besar Nasi Gajah disukai oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui perilaku, karakteristik, serta pendapat konsumen tentang Nasi Gajah menggunakan rumus indeks sikap konsumen. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan sampel yang berjumlah 50 orang konsumen Nasi Gajah. Teknik pendistribusian kuesioner secara incidental sampling dan purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, kuesioner dan studi literatur . Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif dan indeks sikap. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Nasi Gajah cukup disukai oleh konsumen (2 Indeks sikap restoran Nasi Gajah adalah 3,1464 yang berarti cukup disukai oleh konsumen (3) Karakteristik konsumen Nasi Gajah adalah perempuan, berumu r 21-22 tahun, mahasiswa, bertempat tinggal di Kota Depok.

Full Text:

PDF

References


Azwar. (2012). Listrik Prabayar Dilihat Dari Perilaku Konsumen Di Depok. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. II, No. 1, Juni 2012: 35-42.

Azwar dan Mawar O Nida. (2013). One Day No Rice Dilihat Dari Perilaku Karyawan Pemda Depok Sebagai Konsumen. Epigram, Vol. 10, No.1, April 2013: 28-37

Wiwik Widiyanti. (2019). Sikap Konsumen terhadap Muktiatribut Produk Domino Pizza dengan Metode Fishbein di Depok. Cakrawala-Jurnal Humaniora, Volume 19 No. 1 Maret 2019.

Basu Swastha dan T. Hani Handoko. (2017). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Danang Sunyoto. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Buku Seru.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi ke-13. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Amstrong, G. (2013). Prinsip – Prinsip Pemasaran Edisi Ketujuh. Jakarta:Erlangga.

Mahardika, Reza Bangun. Mengenal Industri Makanan dan Minuman di Indonesia. Yogyakarta: Forbil Institute.

Siregar, Sofyan. (2016). Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiarto. (2017). Metode Penelitian Bisnis.Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Muhammad Fathoni. (2007). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Restoran Waroeng Taman di Kota Bogor.

Suci Wulansari. (2015). Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan di nDalem Ngabean Resto


Refbacks

  • There are currently no refbacks.